|  
 

DINKES BERI APRESIASI UNTUK TOILET BERSIH 2019

27 Nov 2019 0 comment

MAYANGAN – Dinas Kesehatan Kota Probolinggo memberikan apresiasi untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan fasilitas kesehatan (faskes) yang memiliki toilet bersih serta memenuhi standar. Plt Kepala Dinas Kesehatan Hery Siswanto, menyerahkan hadiah dan uang pembinaan kepada para juara di Bale Hinggil, Rabu (27/11) siang.

Juara toilet bersih untuk kategori OPD diraih (secara berurutan) Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, Bappeda Litbang, DPMPTSP, Kecamatan Kademangan dan DPRD Kota Probolinggo. Sedangkan kategori faskes dimenangkan Puskesmas Kedopok.

Kabid Kesejahteraan Masyarakat Dinas Kesehatan dr NH Hidayati menjelaskan, lomba toilet bersih ini diadakan untuk meningkatkana kesadaran masyarakat hidup bersih dan sehat. “Serta pemanfaatan sanitasi, izin sanitasi dan air bersih sekaligus pencegahan penyakit berbasis lingkungan, pengembangan sarana sanitasi,” katanya.

Peserta toilet bersih diikuti OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, kecamatan, kelurahan, rumah sakit dan puskesmas. Penilaian secara langsung ke toilet peserta dimulai sejak 11-14 November lalu.

Sambutan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin yang disampaikan Plt Kepala Dinkes menyatakan, salah satu wujud meningkatkan kesadaran dan kemauan dalam kualitas lingkungan di sekitar termasuk fasilitas umum seperti toilet. Keberadaan toilet umum di Indonesia begitu memprihatinkan dilihat dari kualitas kebersihan dan kenyamanan yang ada.

Hal tersebut dipicu karena kurangnya kesadaran untuk perhatian terhadap pemeliharaan kebersihan fasilitas umum dari pengguna maupun pengelola  toilet umum. Padahal, dengan keadaan toilet umum yang kotor, memudahkan penularan bakteri-bakteri  dan bibit penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa timbul akibat toilet umum yang kotor, diantaranya diare, disentri, dan infeksi saluran kemih.

Toilet yang bersih dan memenuhi standar, hanya terdapat di tempat khusus, seperti di hotel berbintang, mal dan bandara udara. Sedangkan, di instansi pemerintah, sekolah, bahkan di tempat-tempat umum lainnya masih sangat jarang. Selain itu, toilet tidak hanya dilihat dari standarnya, tapi juga jumlah toilet yang tersedia. Sebagai contoh, masih ditemui sekolah dengan jumlah siswa yang cukup banyak, hanya memiliki 2 (dua) toilet saja. Bila disesuaikan dengan standar yang ada, toilet harus dibedakan antara toilet laki-laki dan toilet perempuan.

“Dengan adanya lomba toilet bersih di instansi pemerintah ini, merupakan awal yang bagus dan dapat memicu toilet-toilet yang lain agar sesuai standar dan dapat memberikan pelajaran berharga kepada masyarakat, yaitu agar  mengetahui standar toilet yang benar, serta menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihannya,” kata Hery.

Hery pun mengungkapkan ucapan selamat kepada para pemenang dan semua fasilitas umum berupa toilet di OPD, faskes dan swasta di Kota Probolinggo dapat berbenah menjadi toilet yang layak dan bersih. (famydecta/humas)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu