|  
 

SOSIALISASIKAN PENYUSUTAN ARSIP

28 Oct 2019 0 comment

PROBOLINGGO –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo menggelar sosialisasi penyusutan arsip, berupa pemusnahan arsip dan akuisisi arsip statis di lingkungan pemerintah setempat, Senin (28/10) di Ruang Puri Manggala Bakti. Hadir narasumber Bowo Herdianto, Kasi Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Probolinggo, Paeni menjelaskan, pihaknya sudah menjalani proses penyelesaian arsip, pembuatan daftar usul pengurus arsip teknis hingga pemusnahan arsip yang melibatkan Inspektorat, BKPSDM dan Bagian Hukum.

“Dengan memusnahkan arsip yang tidak mempunyai nilai guna dapat memperlancar tugas administrasi lebih rapi dan nyaman. Lebih tertib dan bersih sehingga bisa meningkatkan produktivitas pegawai dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Sebentar lagi Pemerintah Kota Probolinggo akan mendirikan depo arsip,” kata Paeni.

Bowo Herdianto, Kasi Pemeliharaan dan Pelestarian Arsip pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur mengatakan, lembaga kearsipan akan menjadi pusat data. “Mari bertekad melakukan penyelamatan arsip,” pesannya.

Pada kesempatan itu, secara simbolis Wali Kota Hadi Zainal Abidin menandatangani berita acara pemusnahan arsip milik BKPSDM dan Kecamatan Kanigaran. Disaksikan pula oleh Inspektorat dan Kabag Hukum serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Arsip musnah dengan cara dimasukkan ke dalam mesin penghancur kertas.

Dalam paparannya, Habib Hadi-sapaan akrab wali kota menjelaskan tentang arsip dalam rekaman kegiatan kejadian, awasi dan transparansi. Ia berharap seluruh OPD segera melakukan penataan arsip. Sebab di tahun 2020 diberlakukan pengawasan kearsipan internal berupa laporan yang disampaikan kepada wali kota tembusan ANRI.

Beberapa hal yang harus disiapkan OPD antara lain melakukan penataan arsip, menyediakan ruang arsip, mempersiapkan sarana prasarana kearsipan dan mempersiapkan empat pilar kearsipan (tata naskah dinas, kode klasifikasi, jadwal retensi arsip, klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis). “Tolong untuk semua OPD segera disiapkan untuk mempermudah penataan arsip di masing-masing kantor,” harap Wali Kota Habib Hadi. (famydecta/humas)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu