|  
 

KUATKAN PERAN KOMITE DALAM KEGIATAN SEKOLAH

26 Oct 2019 0 comment

KANIGARAN – Dalam rangka menguatkan peserta komite sekolah, Dewan Pendidikan Kota Probolinggo menggelar peningkatan kapasitas sekolah dalam perencanaan kegiatan  sekolah tingkat SD, SMP Negeri dan SMP Swasta Se-Kota Probolinggo. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMK Negeri 3 Kota Probolinggo, Sabtu (26/10).

Acara ini juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda Kota Probolinggo Budiono Wirawan, Kepala Disdikpora M. Maskur. Peserta kegiatan ini diikuti 185 pengurus komite sekolah.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Probolinggo, Eko Wahyono menyampaikan pada tahun 2020 ada satu kebijakan, dimana pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) akan dikelola masing-masing sekolah. Jadi, pengurus komite perlu mengetahui apa saja kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Selain itu, komite sekolah membantu sekolah untuk merancang Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (RAPBS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

Menurut Eko, posisi komite sekolah sangat penting dalam menentukan arah kebijakan dunia pendidikan di setiap sekolah. Pengurus komite harus memahami, mempelajari sekaligus menguatkan RKAS. Dewan pendidikan  sebagai penyalur kebijakan, merangkul, dan menerima keluhan yang harus disampaikan kepada wali kota melalui Disdikpora.

“Komite sekolah ini bertujuan untuk menyatukan  langkah, bersama-sama menjalankan tugas untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Probolinggo. Saya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, untuk sekolah dan anak didik kita terutama di wilayah Kota Probolinggo,” ujar Eko Wahyono.

Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum, Budiono Wirawan menyampaikan keberadaan komite sekolah merupakan perwakilan masyarakat atau orang tua siswa pada sekolah bersangkutan. Komite ini bertujuan untuk memuji atau mengkritisi sekolah bersangkutan.

Tugas komite sekolah sudah jelas yakni memberikan pertimbangan dalam penentuan, dalam pelaksanaan kebijakan, terkait kebijakan kepala daerah dan program sekolah. Komite sekolah juga sebagai mediator sebagai jembatan antara sekolah, masyarakat dan keluarga serta mengontrol.

Tidak hanya itu, komite punya fungsi sebagai sumberdaya pendidikan lainnya dari masyarakat melalui upaya kreatif dan inovatif, mengawasi pelayanan pendidikan  sekolah dan menindaklanjuti keluhan, saran, kritik dan aspirasi masyarakat atas kinerja sekolah.

“Saya berharap komite sekolah dapat memaksimalkan  perannya dalam meningkatkan mutu sekolah secara bersama-sama. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat  bagi pendidikan di Kota Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo,” ujar Budiono yang mewakili wali kota. (noviati/humas)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu