|  
 

EKRAF DIHARAPKAN JADI TULANG PUNGGUNG PEREKONOMIAN MASYARAKAT

27 Oct 2019 0 comment

Mayangan – Saat ini, pengembangan ekonomi tidak hanya bagaimana produsen mensuplai kebutuhan bahan-bahan pokok konsumen. Namun lebih dari itu, produk yang dihasilkan harus lebih keratif dan inovatif. Hal ini semata-mata bertujuan untuk bertahan dalam persaingan ekonimi secara global.

Ekonomi kreatif (ekraf) adalah konsep ekonomi baru yang mengedepankan ide kreativitas. Ekonomi kreatif menawarkan lapangan kerja baru bagi para pelakunya. Hal ini yang mendorong pemerintah Kota Probolinggo untuk memfasilitasi warganya yang menggeluti ekonomi kreatif.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Festival Ekonomi Kreatif, di Gor Ahmad Yani, Sabtu (26/10). Mewakili Wali Kota Probolinggo, Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo membuka kegiatan tersebut.

Kabid Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pramito Legowo dalam laporannya mengatakan, festival dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu  (26/10) – Minggu (27/10). Tujuannya untuk mendorong kiprah para pelaku ekraf, serta untuk mengapresiasi dan mempromosikan produk-produk ekraf Kota Probolinggo. festival ini merupakan ajang pertunjukan hasil karya para pelaku ekraf sehingga dikenal masyarakat luas.

Festival tersebut melibatkan peserta dari berbagai subsektor seperti subsektor musik, fotografi dan videografi, kuliner, kriya, fashion serta visual art. “Dalam memeriahkan kegiatan tersebut diadakan talk show yang mendatangkan nara sumber pelaku ekraf dari Kota Probolinggo. Seperti Bayu Krisna, sebagai Direktur Magnesium, Wahyu Hidayatullah (youtuber), Naufal M Jundan (selebgram), dan Ainur Rusydi pemilik Tegar Coffe,” kata Pramito Legowo dalam laporannya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo menyampaikan, mengapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang baru. Ditunjuknya Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada kabinet Indonesia maju, membawa harapan besar bahwa ekraf bisa menjadi tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia. Di mana prestasi Menteri Wishnutama saat menangani perhelatan atraksi pembukaan dan penutupan Asian Games ke 18 tahun lalu banyak menuai pujian dari dunia internasional.

“Dengan ditunjuknya Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif besar harapan kita agar ekraf bisa menjadi tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia. Semangat ini juga saya harapkan menjadi semangat bagi para pelaku industri kreatif untuk memajukan ekraf di Kota Probolinggo,” kata Gogol Sudjarwo.

Gogol juga menegaskan semangat untuk memajukan Kota Probolinggo melalui industri kreatif harus ditingkatkan dan diyakini. Pelaku ekraf juga harus belajar pada daerah-daerah lain di Indonesia yang telah mengembangkan ekonomi kreatifnya seperti di Yogyakarta, Bandung, dan Lombok.

Kota Probolinggo sendiri sebagai kota transit para wisatawan, terutama wisatawan kapal pesiar sedang bergerak menuju Kota Probolinggo yang memberi ruang para pelaku industri kreatif. “Jadi dengan adanya festival ekraf ini, saya berharap masyarakat mengenal apa itu ekraf sehingga mendongkrak kreativitas masyarakat. Khususnya para pemuda agar bisa membuat dan menghargai sebuah karya,” harapannya. (soni/humas)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu