|  
 

GERAKAN KOTA PROBOLINGGO PEDULI SUNGAI

25 Oct 2019 0 comment

PROBOLINGGO – Saban hari Jumat di setiap pekannya, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi bersih-bersih di berbagai penjuru kota. Jumat (25/10) pagi, kerja bakti difokuskan pada sungai di Gladak Serang sampai ke Taman Maramis.

Kali ini DLH juga menggandeng Kodim 0820 Probolinggo, OPD, kader lingkungan dan beberapa elemen terkait dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pembinaan teritorial terpadu. Aksi bersih sungai juga memeringati Bulan Bhakti TNI dan Gerakan Indonesia Bersih serta persiapan datangnya musim hujan.

Kepala DLH Budi Krisyanto berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat terutama pencegahan pencemaran di sungai. “Serta memberikan pemahaman tentang kondisi sungai dan dampak pencemaran air bagi masyarakat. Memberikan edukasi menangani sampah di saluran terbuka dan mendorong masyarakat lebih peduli dalam menyehatkan lingkungan melalui upaya bersama secara terpadu,” terang Budi Kris.

Sementara itu, dalam sambutan wali kota yang disampaikan Pj Sekda Achmad Sudiyanto, di berbagai kesempatan bahwa kebersihan lingkungan termasuk bersih-bersih sungai bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota saja. Namun perlu adanya sinergitas antara pemerintah, swasta maupun masyarakat terutama masyarakat sekitar aliran sungai.

“Peran serta masyarakat sangatlah diperlukan dalam mendukung pengelolaan lingkungan terutama dalam pengurangan dan penanganan sampah terutama sampah plastik dan pencegahan pencemaran di sungai,” kata Pj Sekda Sudi-panggilan akrabnya.

Pasalnya, sungai memiliki peran yang sangat penting di kawasan berpenghuni. Sistem drainase yang baik membantu mencegah banyak persoalan, seperti mengurangi kemungkinan terjadi banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada.

Jika tidak terjaga, pencemaran lingkungan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan. Dampak yang sangat terasa apabila sungai tidak dirawat yaitu jadi sarang nyamuk, pencemaran udara dan air serta menganggu masyarakat dan kehidupan ekosistem sungai.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat di Kota Probolinggo, mulai dari jajaran pemerintah dan seluruh elemen masyarakat yang ada untuk lebih peduli kondisi sungai. Mari bersama mencurahkan waktu, tenaga, pikiran untuk kemajuan Kota Probolinggo lebih baik lagi. Termasuk menjaga sungai sebagai salah satu sumber daya alam yang harus dilestarikan,” jelas Sudi.

Sesuai instruksi wali kota, pada hari Minggu (27/10) perlu dilaksanakan gerakan serentak masyarakat untuk kerja bakti membersihkan selokan, saluran air dan sungai agar bersih dari sampah. “Para camat dan lurah segera informasikan ke RW dan RT di wilayahnya masing-masing. Ini demi mewujudkan Kota Probolinggo yang bersih dan ramah lingkungan,” pesan Pj Sekda.

Ketua DPRD Abdul Mujib, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo dan Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Imam Pauji pun hadir dan ikut meninjau lokasi kerja bakti di sepanjang sungai yang diperkirakan memiliki panjang 1 kilo meter ke arah Taman Maramis. (famydecta/humas)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu