|  
 

MUI BERI PEMBINAAN TATA CARA SEMBELIH UNGGAS SECARA SYAR'I

08 Oct 2019 0 comment

Probolinggo, 8/10/2019 - Adanya temuan ayam Tiren (mati kemaren, red), sakit, dan cara penyembelihan yang kurang tepat, petugas pada Rumah Potong Hewan (RPH) dan pengusaha yang ada di setiap kecamatan se Kota Probolinggo, dikumpulkan di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Probolinggo, Selasa (8/10) pagi, untuk mendapatkan tambahan pengetahuan sesuai dengan tugas pokoknya sebagai tukang jagal (sembelih).

Ketua Majelis Umum Indonesia (MUI) Kota Probolinggo Nizar Irsyad selaku penyelenggara, menyampaikan bahwa kegiatan pagi ini bertujuan meningkatkan skill agar sesuai dengan teori syariah. Pembekalan yang diberikan, tak lain cara memotong hewan unggas berdasarkan teori syariah sehingga hasil yang dilakukan bagus dan halal.

4095d154 bcb6 49c7 8781 9f5c6de52475“Disini nanti teman-teman diberikan pemahaman terkait tata cara pembinaan dan penjelasan bagaimana menyembelihan hewan unggas yang syar'i. Disitu petugas juga harus menghormati hewan. Dimana memotong hewan harus tidak menyakiti (menyiksa),” ucapnya.

Sebagai contoh, lanjutnya, petugas tidak boleh membunuh ayam dengan kuku, menyilet dan lain-lain dengan tujuan menyakiti atau memperlambat cara matinya. Artinya harus disembelih dengan pisau yang tajam di bagian leher sehingga terputus dua urat didalamnya. Cara pemotongannya ini harus benar sehingga menghasilkan daging yang sesuai kaidah islam, halal, sehat dan tidak terjangkit penyakit,” paparnya.

Karena, ia mengingatkan, ketika cara penyembelihannya tidak benar sacara syariat, maka daging yang dihasilkan jelas haram, karena dianggap bangkai.

Sementara itu Plt. Kepala DPKP Sudiman melalui Kepala Seksie Pengawasan Kesehatan Hewan Vaiga Miriami, mengaku bahwa ini merupakan bagian dari program DPKP khususnya bidang kesehatan hewan, dimana dari segi medis, menyembelih hewan secara syar'i membuat kualitas daging menjadi lebih baik dan sehat. "Kita menyebutnya dengan istilah ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal, red)," katanya.

Hal itu dikarenakan darah akan keluar dari tubuh hewan secara sempurna. Darah sendiri adalah sumber kontaminasi sehingga apabila darah tidak keluar dengan sempurna maka daging akan mudah terkontaminasi.

"Daging yang disembelih secara syar'i, tentu akan menampakkan penampilan yang lebih bagus, jadi warnanya juga merah cerah. Sehingga dari sisi kualitas baik dari kesehatan, nilai gizi, dan yang lainnya juga akan menjadi lebih baik," ucap Vaiga Miriami, dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang didapuk sebagai narasumber. (Sonea)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu