|  
 

PAMERAN ECOBRIK MENGHIASI HUT TNI KE - 74 DI MAKODIM 0820 PROBOLINGGO

05 Oct 2019 0 comment

PROBOLINGGO, 5/10/2019 - Ada pemandangan berbeda di markas Kodim 0820 Probolinggo, dengan hadirnya replika  pesawat tempur, tank, senjata api, robot, gajah, kolam ikan, hingga markas Kodim yang terbuat dari botol plastik, hasil lomba kreatifitas sampah plastik (Ecobrik) yang digelar beberapa waktu lalu sebagai rangkaian HUT TNI ke - 74.

IMG 20191006 WA0003Hal ini selaras dengan program Gubernur Jawa Timur terkait himbauan Pengurangan timbunan sampah plastik yang turut  diaplikasikan oleh Kodim 0820 beserta jajarannya.

Seperti yang disampaikan oleh Kapten Kav. Pasiter Nurhaedi sebagai penanggung jawab lomba mengatakan bahwa pemanfaatan kreatifitas sampah plastik sesuai perintah pimpinan dimana harus meminimalisir penggunaan barang - barang dari plastik sehingga mengurangi sampah plastik.

"Bertepatan dengan moment HUT TNI ke - 74, melalui kegiatan ini harapannya bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, mendaur ulang sampah plastik agar bisa dimanfaatkan lagi salah satunya dengan ecobrik bisa dibuat kursi, pagar, dan lain sebagainya," ujarnya.

Lebih lanjut pria berusia 51 tahun ini menjelaskan, Kodim 0820 Probolinggo sudah mempelopori pemanfaatan sampah plastik sejak edisi Kemerdekaan. "Kami Kodim 0820 dan Koramil se - Probolinggo serentak mempercantik markas dengan ornamen berbahan sampah plastik seperti gapura, menghias taman, replika pesawat tempur, hingga lampion,  dalam rangka tujuh belasan. Kemudian kita kembangkan dengan menggelar lomba untuk masyarakat, dan kegiatan ini baru pertama kali digelar," imbuhnya.

Sementara, pemenang lomba dari SMAN 2 Kota Probolinggo dengan hasil karya Kolam Ikan Ecobrik. "Karena yang kita nilai pertama adalah volume sampah yang bisa dimanfaatkan misal ukurannya 1 M × 1,5 M, keindahan, keunikan, tingkat kesulitan, dan manfaatnya. Nah kalau yang ini manfaatnya kelihatan bisa digunakan untuk model kolam ikan hias," jelasnya.

IMG 20191006 WA0002Jumlah peserta Lomba Kreatifitas Sampah Plastik ini sebanyak 48 peserta terdiri dari pelajar juga umum. Memperebutkan juara I, II, III,  Harapan I, dan Harapan II, dengan hadiah piala dan uang pembinaan.
Salah satu pengunjung Fitri (41) yang mengajak putranya Ahmad Azam (3) mengaku senang dengan adanya pameran tersebut. "Senang ada pameran seperti ini, biar anak saya tahu bagaimana bentuk tank, pesawat tempur, dan lainnya karena kan museum angkut yang lengkap ada di kota besar, jadi kalau di Kota Probolinggo ada miniatur seperti ini lumayan anak - anak bisa senang melihatnya," ujarnya.

Perempuan yang tinggal di perumahan Citarum ini tak lupa menitipkan doa di peringatan HUT TNI yang ke - 74, "Semoga TNI makin jaya dan terus berjuang bersama rakyat", harapnya. (Crl)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu