|  
 
×

Warning

JUser: :_load: Unable to load user with ID: 791

WALI KOTA – WAWALI KERJA BAKTI BERSIHKAN SUNGAI

07 Sep 2019 0 comment

KADEMANGAN – Kebersihan lingkungan di Kota Probolinggo juga menjadi perhatian serius pemerintah setempat. Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, Wali Kota Hadi Zainal Abidin bersama Wawali Mochammad Soufis Subri melakukan kerja bakti di sepanjang sungai di Jalan KH Fadhol – Jalan Brantas, Kecamatan Kademangan, Sabtu (7/9) pagi.

Kerja bakti itu dipimpin Camat Kademangan Pujo Agung Satrio dan diikuti Kepala Dinas PUPR Amin Fredy, Danramil Kapten Eko Saputro, anggota TNI, Polri, lurah, ketua RW dan RT, serta masyarakat di lingkungan Kecamatan Kademangan.

Sejatinya, sungai tersebut dibawah naungan Provinsi Jawa Timur. Namun untuk normalisasi dan pembersihan juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Probolinggo dan masyarakat setempat. Sebelum dilakukan kerja bakti, Dinas PUPR sudah melakukan normalisasi menggunakan eksavator selama beberapa hari.

Camat Pujo menegaskan, kerja bakti saban Jumat yang dilaksanakan keliling ke wilayah Kecamatan Kademangan akan digeser ke pembersihan sungai. “Selain bersih-bersih sekaligus pengecatan. Kami berharap kegiatan ini dapat merubah perilaku masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Karena banyak sampah yang seharusnya tidak dibuang disini, seperti pampers, pembalut dan lain sebagainya,” ujar mantan Kabid Aset di BPPKAD ini.

IMG 20190907 WA0024Sungai sepanjang kurang lebih 1 kilo meter itu ditargetkan selesai sepertiganya, kemudian bergeser ke sisi selatan. Saat meninjau ke selatan sungai menggunakan perahu karet, Wawali Subri bersama Camat Pujo dan Danramil Eko, didapati banyak sampah yang ada di sungai. Selain itu, ada limbah BAB yang langsung ke sungai.

“Selanjutnya ya kami akan pikirkan, bagaimana penanganan yang tepat. Disesuaikan dengan program yang ada, supaya tidak ada lagi warga yang BAB langsung dibuang ke sungai. Mungkin dengan septictank komunal atau alternatif lainnya,” ujar Wawali Subri, usai meninjau lebih dekat kondisi sungai tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mengharapkan masyarakat mempunyai kesadaran menjaga lingkungannya sendiri. Pemerintah sudah memberikan contoh dan memulai seharusnya masyarakat juga ikut menyadari kondisi lingkungannya.

“Saya sudah menandatangani, mengaktifkan kembali aturan sanksi bagi mereka yang membuang sampah sembarangan. Siapapun akan kami tindak. Tolong semua ikut membantu menyosialisasikan kepada masyarakat. Gerakan ini bisa mengedukasi masyarakat dan menjadi contoh bagi warga lainnya,” jelas Habib Hadi.

Ia juga menegur RT/RW yang harus aktif dan kompak dengan kelurahan untuk membantu program pemerintah. “Kita adalah satu kesatuan dan harus bersinergi. Terima kasih kepada TNI dan Polri yang ikut dalam kegiatan pagi ini, semoga masyarakat Kota Probolinggo bisa sadar akan kebersihan lingkungannya,” imbuh wali kota. (famydecta/humas)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu