|  
 

KORPRI 2020

Forkopimda Terus Edukasi Masyarakat Lewat Audiensi

12 Nov 2020 0 comment

KADEMANGAN - Berlangsung gayeng silaturahmi forkopimda dengan warga Blok Jurang RT 2 RW 4 Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Rabu (11/11) sore. Ya, forkopimda terus melakukan edukasi pada warga guna menyelesaikan masalah untuk mendapatkan solusi baik di pemerintahan maupun keamanan dan ketertiban.

Kedatangan orang nomor satu di Kota Probolinggo, Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin disambut meriah oleh sekelompok emak-emak yang memainkan lesung kayu melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW. Pun dengan sejumlah santri Yayasan Al Hasani memberikan hiburan menyanyikan sebuah lagu Lir Ilir dengan memainkan alat musik yang sama.

IMG 20201111 WA0042Wali kota didampingi Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari, Kalaksa BPBD Sugito Prasetyo, Sekretaris Dinsos P3A Rachma Nur Cahyarini, Camat Kademangan Pujo Agung Satrio, Danramil Mayangan Kapten CPL Eko Saputro bertatap muka langsung dihadapan warga, kader posyandu dan pengurus Kampung Tangguh Semeru (KTS) KB Kademangan.

Lurah Kademangan Bagus Prasetyo dalam laporannya melaporkan KTS Kampung KB selama 7 bulan terakhir telah melakukan upaya penanganan COVID 19, diantaranya adalah melakukan sosialisasi pada warga Kelurahan Kademangan untuk memakai masker, penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh RW di Kelurahan Kademangan dengan menggunakan dana kelurahan.

Bagus juga melaporkan donasi Peduli COVID 19 yang diperoleh dari Polsek Kademangan (25 kg beras dan 3 dos mie instan), Polres Probolinggo Kota (50 sak beras dan 3 dos mie instan), Kabag Ops Polres Probolinggo Kota uang tunai 200 ribu rupiah, Ketua LPM (bahan-bahan disinfektan), PMI Kota Probolinggo (3 buah APD), Insan Genre Bayuangga (11 paket sembako), Bapak Sutanto uang tunai 275 ribu rupiah, Polres Probolinggo (25 sak beras).

Dalam keterangannya, Bagus melaporkan semua sembako tersebut sudah didistribusikan kepada warga yang membutuhkan dan terdampak COVID 19.

IMG 20201111 WA0045Terkait laporan tersebut,  Wali Kota Habib Hadi mengapresiasi upaya, terobosan dan inovasi Kelurahan Kademangan itu. "Masih perlu diingat Kelurahan Kademangan pernah mendapatkan Juara II Kampung KB Terbaik Se- Jawa Timur. Saya berharap untuk terus bisa mempertahankan dan melakukan yang terbaik," ucapnya.

Tidak ada alasan hingga membuat bapak 4 orang anak itu bangga. Pasalnya, Kecamatan Kademangan juga berinovasi dalam sisi pelayanan publik. "Ada BPJS (Berkas Pelayanan Jalan Sendiri). Jadi untuk mengurus berkas tidak perlu repot datang ke sana kemari. Cukup gunakan aplikasi ini semuanya beres. Dan saya perintahkan kepada 4 camat lainnya, tahun 2021 kecamatan lainnya untuk bisa meniru aplikasi yang dibuat Kecamatan Kademangan ini," terangnya.

Selain itu, wali kota juga meminta sambung doa pada warga agar Kecamatan Kademangan berhasil meraih juara pada gelaran Lomba Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Ia juga menyinggung pembangunan rumah sakit baru juga terobosan Kecamatan Kademangan atas inovasi peta bidang untuk mempermudah masyarakat mengakses lingkungan sekitarnya. "Wadah (audiensi) seperti inilah yang kita harapkan, sebagai saling tukar informasi untuk kebaikan bersama," jelasnya.

Audiensi yang berjalan komunikatif itu mendapat sambutan baik dari warga. Mereka antusias menanyakan permasalahan kompleksitas. Sebut saja terkait pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pembuangan kotoran hewan di aliran sungai wilayah selatan Kademangan, penyediaan tempat baca buku hingga kenaikan insentif Ketua RT/RW.

IMG 20201111 WA0043Pertanyaan itu langsung direspon di tempat oleh forkopimda. Terkait kotoran hewan atau sampah lainnya, wali kota memerintahkan camat setempat untuk berkoordinasi dengan DLH memungkinkan penyediaan tempat sampah di beberapa titik, keinginan tersedianya taman baca camat berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip memungkinkan adanya perpustakaan mobile.

Sementara itu Kapolres AKBP RM Jauhari akan menindak tegas kasus curanmor yang menjadi tanggung jawab wilayah kerjanya. Sebab kasus kejahatan sepert itu menurutnya masuk dalam kategori extra ordinary crime (kejahatan luar biasa). "Harus ditindak khusus kejahatan ini. Apapun ceritanya, hal ini menjadi tugas pokok kepolisian, menjadi tugas pak polisi. Bagaimana pak polisi menciptakan masyarakat/bapak ibu tidurnya nyenyak, aktivitasnya aman, damai, tidak ada gangguan. Nah itu tugas pak polisi," urainya.

Oleh karena itu, ia memerintahkan kapolsek untuk memerintahkan babinsa, memantau warganya. Lebih jauh ia mengimbau masyarakat agar tidak lalai dalam mengamankan kendaraan motornya.

"Kita bisa menjadi polisi bagi diri kita sendiri juga keluarga kita untuk  saling bekerja sama. Saya perintahkan kasat serse, apabila ada kejahatan semacam ini, silakan bapak/ibu buat laporan polisinya, diungkap pelakunya," tegasnya. (dewi)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu