Print this page

Status Kinerja Sangat Tinggi, LPPD Kota Probolinggo Duduki Peringkat 11 Se-Jatim

17 Oct 2020 0 comment

SURABAYA – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menerima piagam terkait capaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2018 dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat (16/10) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Ya, Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan atas kinerja LPPD Pemerintah Kota Probolinggo dengan skor 3,3908 dan status kinerja “Sangat Tinggi”. Skor tersebut meningkat dibanding LPPD tahun sebelumnya yaitu 3,3015.

Yang membanggakan, Kota Probolinggo berhasil menduduki peringkat ketiga di tingkat kota di Jatim, sementara untuk seluruh kota/kabupaten se-Jatim kota yang dipimpin Wali Kota Habib Hadi ini berada di peringkat 11. Penghargaan ini dilakukan secara periodik tiap 2 tahun sekali.

IMG 20201017 WA0076“Capaian prestasi ini merupakan buah kerja sama yang sinergi seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yang secara intens dan berkesinambungan dalam melaksanakan kinerja pemerintahan yang lebih profesional. Sehingga agregat indikator penilaian berpengaruh terhadap hasil penentuan skor dan pemeringkatan dalam LPPD mampu terpenuhi serta membuahkan hasil yang maksimal,” ujar Wali Kota Habib Hadi, usai menerima penghargaan tersebut.

Ia menambahkan, penghargaan di bidang pemerintahan ini diharapkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Dan, implementasinya betul-betul dirasakan masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh OPD. Penghargaan ini adalah hasil kinerja dari pemerintahan yang kompak, kami optimis dapat mempertahankan atau meningkatkan poin lebih tinggi lagi di tahun mendatang,” imbuh Habib Hadi.

Sementara itu, dalam penyerahan penghargaan yang menerapkan protokol kesehatan kepada 38 wali kota/bupati, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa penghargaan capaian LPPD sebagai bukti sinergi antara pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Penghargaan Capaian LPPD Tahun 2018 ini bisa dijadikan modal untuk meningkatkan kualitas program dalam membangun keberseiringan  antara Pemerintah Pusat, Provinsi hingga ke Kabupaten dan Kota.

"Ini akan jadi bukti sekaligus  modal untuk menseiringkan antara seluruh visi misi di tingkat pusat, nyambung ke tingkat Provinsi dan  Kabupaten / Kota," jelas Khofifah.

Atas capaian gemilang ini, Gubernur Khofifah memuji seluruh Kepala Daerah atas kinerjanya selama ini yang telah mendapat penilaian  dari Kemendagri dengan status sangat tinggi. Dirinya menekankan bahwa capaian ini juga merupakan bentuk terjalinnya keberseiringan mulai nasional hingga ke daerah serta komitmen penuh dari semua Kepala Daerah.

"Indeks sangat tinggi bagi kabupaten/ kota  ini karena komitmen kita yang saling bersinergi  dengan pusat. Hari ini kategori semuanya 'Sangat Tinggi', bedanya hanya nol koma nol-nol sekian," ungkap orang nomor satu Jatim ini.

Dirinya menambahkan, dengan bersinergi dan  berseiringnya visi misi pemerintah pusat dan daerah maka breakdown Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD juga akan terus konsisten. (famydecta)