|  
 

Sisihkan Gaji, Habib Hadi Ikhtiar Bantu Lansia Sebatang Kara

15 Oct 2020 0 comment

WONOASIH – Panjangnya proses bantuan melalui jalur pemerintah membuat Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin berpikir cepat. Ia berkomitmen menyisihkan gajinya untuk warga yang sangat membutuhkan bantuan yang mendesak sesuai kebutuhan, khususnya lansia sebatang kara.

Setelah pekan lalu (9/10), Wali Kota Habib Hadi memberi bantuan kursi roda ke warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan. Ada lagi masyarakat yang menyampaikan informasi melalui media sosial (medsos) Pemerintah Kota Probolinggo, bahwa ada lansia sebatang kara yang tinggal di Jalan Amir Hamzah, Kelurahan Kedung Asem, Kecamatan Wonoasih. Warga bernama Surya, 80 tahun itu juga meminta bantuan kursi roda.

IMG 20201015 WA0060Kamis (15/10) siang, bersama Camat Wonoasih Deus Nawandi, Habib Hadi meluncur ke rumah Nenek Surya. “Bantuan kursi roda ini bisa keluar ke halaman, jalan-jalan, semoga ada manfaat ya kursinya. Kalau menunggu pemerintah lama prosesnya, harus didata dan diajukan dulu,” tutur Habib Hadi saat bertemu Nenek Surya.

Nenek Surya tinggal sendirian di rumahnya. Ia punya cucu (bukan anak kandung) yang merawatnya meski tidak tinggal satu rumah. Saban pagi, cucunya itulah yang mengantar makanan untuk Nenek Surya. Nenek Surya sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, ia bahkan mendapat program Rantang Sehat tapi menolak. “Tidak dimakan, jadi sayang. Makanya terus dikembalikan untuk diberikan ke yang lain saja,” ujar cucu nenek Surya.

Siang itu, wali kota pun menghubungi Dinas Kesehatan untuk mengirimkan petugas kesehatan dari Puskesmas Wonoasih. Nenek Surya sudah lumpuh, kakinya bengkak dan matanya kabur.

Habib Hadi menegaskan, pemerintah harus tahu dan hadir melihat kondisi masyarakatnya untuk mengetahui apakah sudah mendapat bantuan atau belum. Ia bersyukur bahwa Nenek Surya sudah mendapatkan berbagai bantuan pemerintah.

IMG 20201015 WA0059“Saya berharap, masyarakat yang hidup sebatang kara segera informasikan, akan kami bantu. Jalur pemerintahan ada mekanismenya, maka cara saya melalui ikhtiar sisihkan gaji saya untuk yang membutuhkan,” tutur wali kota yang juga mantan anggota DPR RI dan peduli pada kesehatan warganya ini.

Saat berada di rumah Nenek Surya, wali kota menerima laporan bahwa ada satu lagi lansia sebatang kara yang tinggal di daerah itu tapi masuk Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih. Tak lama kemudian, Habib Hadi datang ke rumah lansia yang diketahui bernama Parmi.

Nenek Parmi tinggal di rumah yang begitu menyayat hati. Ia sebatang kara. Matanya sudah tidak bisa melihat namun masih bisa berjalan. Setiap harinya, Nenek Parmi dirawat oleh Rima, tetangganya. Tempat yang ditinggali Nenek Parmi adalah tanah milik Rima.

“Puskesmas, lurah dan Baznas suruh kesini segera,” tegas Habib Hadi. Sesuai permintaan Rima, Nenek Parmi akan diberi Rantang Sehat menggantikan jatah Nenek Surya. Melalui dana Baznas Nenek Parmi akan diberi bantuan kipas angin, selimut, kasur, bantal, guling, perlak.

“Maunya saya tembok tapi dari yang jaga keberatan, karena kalau malam Nenek Parmi tidur di dalam rumah tetangga yang merawat itu. Jadi, kami akan memberikan apa yang diminta untuk kelengkapan di dalam rumah,” imbuh Habib Hadi.

Wali kota mengaku terkejut karena masih ada kondisi lansia yang terlewat seperti ini. Jika tidak turun ke lapangan ia tidak akan tahu seperti apa situasi yang sebenarnya. Targetnya, di tahun 2022 nanti RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) tidak ada lagi di Kota Probolinggo. (famydecta)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu