|  
 

Pemkot Probolinggo Jajaki Kemungkinan Keberadaan Pertashop

09 Sep 2020 0 comment

KANIGARAN - Pemerintah Kota Probolinggo mengikuti video conference (vidcon) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Rabu (9/9) pagi di Command Center terkait Program Pertashop milik PT. Pertamina. Vidcon ini mengundang gubernur, bupati dan wali kota se- Indonesia. Tidak ketinggalan juga Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin didampingi Sekda drg. Ninik Ira Wibawati dan Kepala DKUPP Fitriawati.

Dalam paparannya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan Pertamina sebagai Badan usaha Milik Negara (BUMN) mengenalkan program pertashop, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini resmi dari pertamina. “Pertamina serius mengembangkan pertashop. Pertashop adalah SPBU skala kecil. SPBU ini akan menjangkau desa-desa di seluruh Indonesia,” urainya.

IMG 20200909 WA0057Pertamina membangun pertashop di 3.827 kecamatan, tetapi hanya untuk kecamatan yang belum memiliki lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG. “Kita dapat berinvestasi di pertashop sehingga dapat menggerakan perekonomian dengan merekrut orang-orang,” sambungnya.

Wanita berjilbab itu menjelaskan, ada tiga kategori konsep pertashop yang ditawarkan. Di antaranya, Gold (kapasitas 400 liter, luas lahan 144 meter persegi, lokasi minimum radius 10 km), Platinum (kapasitas 1.000 liter, luas lahan 200 meter persegi, lokasi harus berada di kecamatan yang belum memiliki SPBU), Diamond (kapasitas 3.000 liter, luas lahan 500 meter persegi, syarat dan lokasinya sama dengan platinum).

“Peluang investasi pertashop ini terbuka bagi pemerintah desa, koperasi dan UKM juga boleh berinvestasi membangun pertashop. Untuk menjadi mitra, ada 6 tahapan yang harus dilalui. Mulai dari pengajuan, verifikasi administrasi, dan izin ke pemerintah daerah. Hingga pengajuan desain, dan pembangunan pertashop serta kontrak kerja sama dengan pertamina berdurasi 20 tahun,” ungkap wanita berkacamata ini menjelaskan.

Menindaklanjuti vidcon, Kepala DKUPP Fitriawati memberikan komentarnya ditemui usai acara.  Fitriawati mewakili Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin menjelaskan, wilayah Kota Probolinggo merupakan wilayah kota yang telah memiliki SPBU Pertamina resmi, keberadaannya (SPBU) sudah mewakili radius kurang lebih 10 kilo meter dari setiap SPBU di masing-masing wilayah. Baik itu wilayah Kota Probolinggo bagian selatan, utara, barat dan timur.

“Pemerintah kota masih akan menjajaki kemungkinan adanya pertashop di Kota Probolinggo. Program ini bagus ya, untuk menjangkau masyarakat lebih dekat dengan SPBU. Kemungkinan bisa tidaknya ya kita jajaki dulu, karena persyaratannya tadi dijelaskan banyak, prosesnya pun juga banyak. Tentu pertamina juga akan melakukan survey lokasi sebelum pertashop itu didirikan. Kami dukung itu (pertashop), kalau memungkinkan bisa dibangun di pondok-pondok, di lingkungan masing-masing sesuai kebutuhan masyarakat,” timpalnya. (dewi)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu