|  
 

Sokong Potensi Wisata, Pemkot Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

09 Sep 2020 0 comment

KANIGARAN - Pelatihan Manajemen Homestay Tahun 2020 Kota Probolinggo, dibuka Selasa (8/9) sore kemarin, di salah satu hall di Jalan Suroyo oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Pelatihan ini digagas oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) itu merupakan bagian dari program pendampingan desa wisata yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Pembangunan sektor pariwisata secara umum adalah pembangunan yang diarahkan pada pengembangan pariwisata sebagai sektor andalan dan unggulan dalam arti luas. Kepala Bidang Destinasi Pariwisata dan Ekraf Dispopar Pramita Legowo, ditemui portal.probolinggokota.go.id menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan itu tak lain untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola homestay.

9af7805b ceb7 420d 8950 76e7b6ef246dTermasuk didalamnya, kualitas SDM pariwisata yang kompetitif dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan di bidang pariwisata. Sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan. “Tujuan lainnya, adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan pariwisata Kota Probolinggo,” katanya.

Giat itu diikuti oleh sebanyak 40 kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan masyarakat yang mengelola homestay di Kota Seribu Taman. Kegiatan itu direncanakan berlangsung hingga Kamis (10/9), dengan menggandeng narasumber praktisi wisata desa yang tergabung pada Asosiasi Desa Wisata (Asi Dewi) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur.

Selama 3 hari pelaksanaan kegiatan, para peserta diberikan total 5 materi utama yakni Regulasi Usaha Pariwisata serta Peningkatan Pelayanan Bidang Industri Pariwisata, Pelayanan Prima, Pengembangan Produk Desa Wisata, Service Exellent, Upaya dan Pengembangan Manajemen Homestay.

Selain itu, menurut Kepala Dispopar Kota Probolinggo Budi Krisyanto, para peserta juga langsung diajak melihat kondisi salah satu homestay yang ada di Kota Probolinggo sebagai wahana studi kasus. Dengan harapan, lanjutnya, peserta mendapat gambaran langsung secara detail, apa saja yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan dari kondisi homestay yang sudah ada, untuk dilakukan evaluasi dan pembenahan.

bf93fe3a 293c 4422 b5a6 d8bf7ac47acdSementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya kemarin berharap materi yang sudah diberikan dapat diterapkan oleh pengelola homestay. Sehingga dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kapasitas pengelola homestay, dalam menata manajemen homestay dan meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

“Kami berharap materi yang sudah diberikan dapat menjadi bahan evaluasi bagi para pengelola homestay untuk lebih baik lagi ke depannya. sehingga kegiatan workshop ini dapat memberikan mamfaat bagi pengembangan wisata desa.” ucapnya.

Seperti diketahui, homestay adalah salah satu alternatif akomodasi dalam dunia pariwisata. Salah satu kelebihan dari homestay adalah adanya interaksi antara wisatawan (tamu) dengan tuan rumah. Oleh karena itu perlu dibangun hospitality yg baik kepada para wisatawan oleh tuan rumah.

“Pemkot Probolinggo mengadakan pelatihan khusus bagi pemilik homestay/penginapan se Kota Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan agar lebih dipahami lagi betapa pentingnya manajemen dan palayanan di sebuah homestay atau penginapan. Apalagi saat ini kita berada di masa kehidupan baru yakni di era pandemi covid-19, “ ungkapnya. (sonea)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu