|  
 

IMG 20200807 WA0115

Keberadaan Kampung Tangguh Diharapkan Ikut Andil Mengawasi Warga yang Isolasi Mandiri

15 Jul 2020 0 comment

KANIGARAN - Jubir Satgas Covid 19 kembali menyampaikan data terkini perkembangan covid 19 di Kota Probolinggo. Melalui siaran langsung di media sosial milik pemerintah kota, dr Abraar Kuddah mengumumkan jika ada penambahan pasien positif terkonfirmasi covid 19 sejumlah 13 orang.

"Mereka berasal dari hasil tracing yang dilakukan oleh satgas covid 19. Dengan rincian 11 orang dari kluster PT KTI dan 2 orang dari kluster umum. Mereka kategori orang tanpa gejala (OTG)," urai Abraar

Dokter spesialis bedah yang juga sebagai Plt Direktur RSUD dr Saleh ini juga menyebut tentang istilah baru yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI. Istilah ODP, PDP, OTG dan konfirmasi akan segera berubah menjadi
suspeck, probable, konfirmasi, kontak erat, pelaku perjalanan, discarded, selesai isolasi dan kematian.

"Akan kita bahas dalam waktu tersendiri dalam 2 hari kedepan untuk penjelasan detail tentang istilah yang diubah sesuai permenkes baru tersebut," imbuhnya.

FB IMG 1594820894381Dari  total 148 pasien positif covid 19 rinciannya, 13 orang konfirmasi baru, dirawat di RSUD dr Saleh 9 orang, di Surabaya 1 orang, di Situbondo 1 orang, menjadi PDP 1 orang, meninggal baru 1 orang, sembuh 65 orang, dirawat di Probolinggo 76 orang.

Kemudian sejumlah 41 orang isolasi mandiri pasca therapi dan dinyatakan kondisinya baik berdasarkan hasil foto thorax dan hasil lab.

Selanjutnya dr NH Hidayati  yang turut dalam rilis itu, menerangkan jika kàsus konfirmasi positif tanpa gejala bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing minimal 10 hari. Jika ada penyerta ringan dan sedang  bisa isolasi mandiri sejak muncul gejala menjadi 13 hari.

"Apabila kondisinya berat, baru dibawa ke rumah sakit rujukan. Jika tanpa gejala 10 hari sejak pengambilan swab nya bisa isolasi mandiri serta dipantau melalui telpon oleh nakes puskesmas. Edukasi disampaikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama isolasi mandiri, termasuk harus mengukur suhu tubuh tiap pagi dan sore" kata Plt Kadinkes ini.

Selanjutnya juga ditekankan oleh tim gugus tugas covid 19 agar masyarakat tidak terpengaruh serta salah mengartikan new normal, sehingga mengabaikan protokol kesehatan. dr abraar juga menuturkan jika satgas kuratif dan satgas preventif akan berkoordinasi dengan tiga pilar dalam membantu mengawasi dan memperketat kondisi wilayahnya.

"Satgas RT, RW serta keberadaan kampung tangguh diharapkan bisa ikut andil dalam mengawasi mereka yang isolasi mandiri. Termasuk disiplin penerapan protokol kesehatan, agar penyebarannya tidak semakin bertambah,"urainya.

Ia juga meminta agar tidak ada stigma negatif kepada mereka yang terpapar covid 19. Pihaknya juga secara massif akan melakukan tracing agar bisa menekan angka penyebarannya.

"Kelurahan Kedung Galeng belum ada yang terkonfirmasi positif dan masih bertahan dengan warna abu- abu di peta sebaran covid 19. Bisa jadi karena warganya disiplin terapkan protokol kesehatan dan warganya juga kompak peduli dengan lingkungan sekitarnya,"ujarnya. (yuli)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu