|  
 

SAVE 20200703 173742

Satgas Apresiasi Kesadaran Warga Jalani Tes COVID 19

20 Jun 2020 0 comment

KANIGARAN – Setelah sempat zero pasien COVID 19 yang dirawat di RSUD dr Mohammad Saleh selama dua hari (18-19/6), Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID 19 Kota Probolinggo dr Abraar HS Kuddah menginformasikan perkembangan baru. Pada 20 Juni 2020, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID 19 bertambah 10 orang.

“Sembilan orang dirawat di RSUD dr Mohammad Saleh, sedangkan satu pasien dirawat di Surabaya. Semua pasien dalam kondisi stabil,” terang dr Abraar saat video conference (vidcon) didampingi Plt Kepala Dinkes P2KB dr NH Nidayati, Sabtu (20/6) sore.

2006 Peta COVID 19 prob perkel210 pasien baru itu antara lain 1 PDP (Pasien Dalam Pengawasan) beralamat di Kelurahan Triwung Kidul yang sudah dirawat di RSUD dr Mohammad Saleh; 4 OTG (Orang Tanpa Gejala) yang sebelumnya diisolasi di rusunawa dari Kelurahan Mayangan;  2 OTG dari Kelurahan Curah Grinting dan Kanigaran; 1 pasien dari Kelurahan Triwung Kidul, 1 dari Kelurahan Wiroborang dan 1 dari Kelurahan Jati yang baru pulang dari Kalimantan. Mereka berasal dari klaster hasil tracing pasien DBD yang sudah sembuh, klaster Kalimantan dan Kabupaten Probolinggo.

“Pekerja dari Kalimantan ini datang ke Kota Probolinggo, secara sadar melakukan rapid test secara mandiri dan hasilnya reaktif dibawa ke rusunawa. Setelah swab keluar baru saja hasilnya confirm positif,” ungkap dr Abraar.

Selain merawat 9 pasien baru, RSUD dr Mohamad Saleh juga merawat 4 pasien kiriman dari luar daerah yaitu Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Surabaya dan Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Jubir sekaligus Plt Direktur RSUD dr Mohammad Saleh ini menjelaskan, memang beberapa hari lalu kabar sangat menggembirakan bahwa di RSUD setempat zero pasien COVID 19 dan hanya ada yang dirawat di Surabaya. “Zero bukan berarti kita semua harus lalai. Bertambahnya pasien ini bukan suatu aib. Artinya, masyarakat Kota Probolinggo semakin sadar dengan adanya COVID 19 mereka mau melakukan tes sendiri dan mau mengikuti prosedur kesehatan sampai terbukti hasil swab confirm positif,” bebernya.

dr Abraar menuturkan, stigma masyarakat bahwa pasien COVID 19 adalah aib harus berubah. Pasien COVID 19 bukan untuk dijauhi, yang dijauhi adalah virusnya. Caranya menjauhi adalah disiplin melakukan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami mohon kesadaran dari warga Kota Probolinggo yang semakin baik ini bisa diajak kerja sama. Dengan pro aktif datang ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan diri. Tidak perlu takut. Cara ini lebih mudah bagi kami untuk segera melakukan tracing dan terapi,” ungkap dokter spesialis bedah pecinta motor gede (moge) ini.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes P2KB dr NH Hidayati menambahkan cara terpenting memutus mata rantai penyebaran COVID 19 melalui testing, tracing, treatment serta isolasi.

“Ini membutuhkan kerja sama masyarakat agar tetap disiplin memakai APD (Alat Pelindung Diri). Untuk masyarakat pakai masker, cuci tangan dengan sabun, menyiapkan hand sanitizer dan tetap di rumah saja,” tegas dr Ida dalam vidcon yang diikuti awak media sekaligus live di akun medsos Pemerintah Kota Probolinggo. (famydecta)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu