|  
 

SAVE 20200703 173742

Gubernur Khofifah: Ternyata Kampung Tangguh Disini Terbaik

17 Jun 2020 0 comment

IMG 20200617 WA0113

MAYANGAN – Keberadaan Kampung Tangguh Semeru (KTS) di Kota Probolinggo mendapat apresiasi yang luar biasa dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Hal ini disampaikan dalam kunjungannya ke Kota Probolinggo untuk melaunching sekaligus meninjau KTS, Rabu (17/6) siang.

Kampung Tangguh yang diinisiasi oleh Kapolda Jawa Timur ini, mendapat support penuh dari TNI dan pemerintah. Di Kota Probolinggo, setiap KTS ada geliat ekonomi didalamnya seperti pasar murah hingga lumbung pangan. Tidak hanya itu, setiap KTS punya produk unggulan UMKM yang sangat menarik.

“Hal ini dimaksudkan agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pangan dan menggerakkan ekonomi di lingkungannya. Selain itu, kami juga mengkolaborasikan kegiatan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang bisa dilaksanakan di Kampung Tangguh Semeru,” ujar Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

IMG 20200617 WA0129Ya, Kota Probolinggo punya 30 kampung tangguh yang tersebar di 29 kelurahan. Selain itu, kota ini juga sudah membentuk 2 asrama tangguh, 6 industri tangguh, 2 pasar tangguh, 2 pondok pesantren tangguh, 2 kawasan wisata tangguh, 2 pelabuhan tangguh, tempat ibadah tangguh dan 5 posko penegakkan disiplin menuju kawasan tangguh.

Launching dilaksanakan melalui video conference (vidcon) dengan seluruh KTS di Command Center, Kantor Wali Kota. Hadir dalam kegiatan tersebut yang ikut mendamping Gubernur Khofifah Irdam V Brawijaya Brigjen TNI Arie Subekti, kepala OPD Pemprov Jatim, Wawali Mochammad Soufis Subri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya dan Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo serta Sekda drg Ninik Ira Wibawati dan kepala OPD terkait.

“Biasanya daerah lain itu satu kampung, di Kota Probolinggo sudah berkampung-kampung. Terima kasih semuanya. Kampung Tangguh ini tidak hanya saat COVID saja, harus punya ketangguhan sosial, ekonomi, ketahanan pangan dari lini paling bawah. Luar biasa di Kota Probolinggo juga ada pesantren tangguh, pasar tradisional tangguh dan lainnya,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

IMG 20200617 WA0120

Kunjungi Dua Kampung Tangguh Semeru

Usai seremonial launching di Command Center, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Irdam Kodam V Brawijaya  Brigjen Arie Subekti, Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Wawali Mochammad Soufis Subri, Kapolresta AKBP Ambariyadi Wijaya, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo dan rombongan bergeser ke KTS Benteng di Mayangan.

Sambutan begitu luar biasa diberikan saat kedatangan para petinggi tersebut. Protokol kesehatan seperti menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun dan air serta thermo gun diterapkan. Tapi yang unik adalah model pedang pora, tetapi bukan pedang yang digunakan melainkan selang semprotan disinfektan. Kemudian disambut yel-yel, meninjau stand UMKM, pos kesehatan, pembuatan APD (Alat Pelindung Diri), dapur umum hingga pasar murah.

“Inovasinya kaya sekali karena disini tidak hanya menyiapkan bagaimana upaya mendisplinkan masyarakat saat pandemi COVID. Disini UMKM disiapkan, ekonomi pun muncul seiring dengan inovasi lainnya,” cerita Khofifah setelah meninjau aktifitas di KTS Benteng tersebut.

Ia pun menceritakan di dapur umum juga tersedia ikan asap, kemudian sembako murah, produksi masker dan face shield. “Komprehensif sekali. Dari berbagai inisiasi Pak Kapolda dan Pangdam tidak hanya untuk pandemi tapi menyiapkan kita semua memasuki new normal dan keberlanjutan kehidupan bermasyarakat dengan solidaritas yang tinggi bisa membangun ketahanan di lini paling bawah,” terangnya.

Gubernur Khofifah pun mengaku tertarik dengan prosesi pedang pora ala KTS Benteng. “Ternyata disini terbaik. Inovasinya luar biasa, mudah-mudahan memberikan ketangguhan lahir batin,” tegasnya dengan air muka ceria. Gubernur juga secara spontan memberikan bantuan berupa uang tunai Rp 10 juta kepada koordinator KTS untuk biaya operasional.

Setelah dari KTS Benteng, rombongan menuju ke KTS Kanigaran yang terletak di Perum Asabri. Disini gubernur juga memberikan bantuan uang tunai dengan nominal yang sama. Di KTS ini juga didapati budidaya tumbuhan dan ikan lele serta pameran UMKM. (famydecta)

IMG 20200617 WA0116

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu