|  
 

Rumah Warga Pilang Tertimpa Pohon, Bersyukur Tidak Ada Korban Jiwa

31 May 2020 0 comment

KADEMANGAN – Kesadaran masyarakat Kota Probolinggo akan pentingnya melaporkan kondisi kedaruratan di sekitar lingkungannya, melalui nomor telpon bebas pulsa 112 patut diacungi jempol. Seperti Jumat (29/5) petang, operator menerima laporan adanya pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

Ya, nasib nahas dialami Slamet, warga Jalan Flamboyan RT 3 RW 3, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan. Dapur dan kamar rumahnya rusak parah tertimpa pohon karet berdiameter sekitar 2 meter dengan tinggi antara 4 sampai 5 meter.

WhatsApp Image 2020 05 31 at 17.01.15“Kami menerima laporan dari 112 hari Jumat, saat Maghrib ada pohon tumbang. Langsung kami survey, esoknya kami tindaklanjuti penebangan. Untuk ranting-rantingnya dipotong oleh kecamatan,” ujar Sigit, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup.

Slamet mengisahkan, pohon karet itu ditanam oleh orangtuanya sekitar 15 tahun lalu sebagai penanda batas tanah. Kemudian pohon semakin membesar. Slamet pernah mencari tukang untuk memotong pohon tapi ia kesulitan menemukan hingga akhirnya roboh.

Saat pohon itu tumbang, Slamet ada di kamar mandi sedangkan istrinya di dapur menghangatkan sayur. “Lalu saya mendengar suara keras sekali. Saya bergegas pergi dari kamar mandi dan saya lihat istri saya sudah lari keluar,” tutur pria berusia 57 tahun yang pekerjaan sehari-harinya mencari rumput.

Di rumah itu Slamet tinggal berdua dengan istrinya. Ia bersyukur bahwa istrinya tidak apa-apa dan tidak ada korban jiwa atas kejadian itu. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ucapnya bersyukur.

Karena akses jalan yang kecil, hanya sekitar setengah meter, petugas agak kesulitan mengeluarkan kayu. Akhirnya, pohon tersebut harus dipotong dengan ukuran kecil.

Kalaksa BPBD Sugito Prasetyo mengatakan, kerugian material yang diakibatkan tumbangnya pohon diperkirakan sekitar Rp 10 juta. “Kami juga memberikan bantuan berupa 12 paket lauk pauk yang berisi 36 kaleng, perlengkapan makan dan 2 buah terpal,” jelasnya.

WhatsApp Image 2020 05 31 at 17.31.10 1Minggu (31/5) sore, Wali Kota Hadi Zainal Abidin melihat kondisi rumah Slamet didampingi Kalaksa BPBD dan Camat Kademangan Pujo Agung Satrio. Sama seperti Slamet, wali kota bersyukur tidak ada korban dari penguni rumah.

Alhamdulillah. Robohnya pohon juga tidak kena tetangga. Nanti BPBD akan menghitung, apakah pemerintah bisa membantu tentunya disesuaikan aturan yang ada. Bila memungkinkan insyaallah kami bantu,” tutur Habib Hadi. Dalam kunjungannya wali kota juga menyerahkan bantuan sembako untuk Slamet. (famydecta)

 

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu