|  
 

Spanduk Coronan kecil

5000 Warga Kota Probolinggo Terima Bantuan Tunai dari Provinsi Jatim

21 May 2020 0 comment

PROBOLINGGO – Sebanyak 5000 warga Kota Probolinggo di lima kecamatan menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Bantuan Tak Terduga senilai Rp 200 ribu dari BPBD Provinsi Jawa Timur. Pencairan tersebut dilaksanakan serentak di masing-masing kantor kecamatan, Kamis (21/5).

Untuk memastikan proses pencairan di lapangan, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memantau di Kecamatan Kademangan, Wonoasih dan Kedopok. Siang itu, wali kota didampingi Kepala BPBD Sugito Prasetyo dan Pimpinan Bank Jatim Kota Probolinggo

Di Kecamatan Kademangan, Habib Hadi menemukan seorang warga yang tiba di pendapa kecamatan menggunakan becak. Usianya sudah lanjut dan kesulitan berjalan. Ibu itu bernama Sumariyah.

WhatsApp Image 2020 05 21 at 14.13.29“Kalau sakit tidak usah kesini, kasihan wira-wiri. Mana petugasnya tolong ibu ini diuruskan, tidak usah turun dari becak,” ujar wali kota iba.

Sumariyah lantas disodori kertas untuk ditandatangani. Namun, istri pensiunan itu memilih menggunakan cap jari. Setelah menunjukkan kelengkapan persyaratan pencairan bantuan, Sumariyah akhirnya menerima uang tunai Rp 200 ribu dalam pecahan 20 ribuan.

Melihat kondisi tersebut, Habib Hadi menekankan ke masing-masing kecamatan dan kelurahan yang membawahi warganya, apabila ada yang sakit bisa dikuasakan ke orang yang masih satu KK (kartu keluarga).

“Kalau tidak bisa, minta petugas yang mendatangi. Bulan depan saat pencairan kedua, tolong tidak usah datang. Selesai pelayanan di kecamatan nanti diantarkan ke rumah warga tersebut biar tidak menyulitkan warga yang membutuhkan,” ungkap mantan anggota DPRD Jatim dan DPR RI ini.

Secara keseluruhan, wali kota bersyukur pencairan bantuan berjalan lancar sesuai dengan harapan. Warga yang mendapat bantuan tunai dari provinsi ini, tidak dapat bantuan dari pemerintah daerah atau pemerintah pusat.

WhatsApp Image 2020 05 21 at 15.37.15“Tentunya saya harap bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, untuk kebutuhan menyambung hidup sehingga tujuan bantuan pemerintah mengurangi beban ekonomi masyarakat terdampak COVID 19 tepat sasaran,” harap Habib Hadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo saat ditemui di lokasi pembagian bantuan mengatakan, bantuan ini bersumber dari BPBD Provinsi Jawa Timur dalam rangka percepatan penanganan dampak COVID 19. Pemerintah kota sebagai pelaksana bekerjasama dengan Bank Jatim setempat.

Data penerima bantuan usulan dari kelurahan kemudian diverifikasi di kecamatan, diserahkan ke Bappeda Litbang lalu Dinsos lantas diberi ke BPBD. “Kuota Kota Probolinggo 5000 penerima, per kecamatan masing-masing 1000. Bantuan dicairkan selama tiga bulan mulai Mei, Juni dan Juli. Kami berupaya semaksimal mungkin penerima bantuan tidak dobel,” kata Sugito. (famydecta)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu