Print 

A. Potensi Unggulan Bidang Pertanian

pertanian 1Kota Probolinggo sebagai Kota di wilayah timur dengan luas 5.667,70 Ha terdiri dari 5 Kecamatan dan 29 Kelurahan dengan lahan Pertanian seluas 3.699 Ha (65,28 %).

 

 

 

B. Potensi Unggulan Bidang PETERNAKAN

peternakan 1PENGEMBANGAN SAPI POTONG Sapi Potong merupakan komoditas unggulan di sektor Pertanian dan merupakan penyumbang stok daging Nasional. Namun demikian kemampuan produksi daging sapi dalam negeri masih belum mampu mencukupi kebutuhan nasional. Tingginya kebutuhan daging dalam negeri menimbulkan permasalahan yaitu tingginya pemotongan sapi betina produktif. Hal ini berdampak terjadinya penurunan populasi dan mutu genetic sapi. Indonesia memiliki banyak jenis sapi lokal, diantaranya adalah sapi Peranakan Ongole (PO), yang sebagian besar berada di Jawa Timur termasuk di Kota Probolinggo. Pemurnian sapi PO telah dikembangkan oleh Kelompok Tani Bangu Jaya Kelurahan Sumber Taman Kec. Wonoasih Kota Probolinggo. Kendala utama pengembangan Sentra sapi PO ini terletak pada masalah dana sehingga peran swasta diperlukan untuk menjadikan Sentra Sapi Potong PO sekaligus tempat penyedia bakalan sapi PO yang berkualitas.

 

C. Potensi Kelautan Dan Perikanan

perikananWilayah Kota Probolinggo secara geografis terletak di sebelah utara Pulau Jawa berbatasan

langsung dengan laut yaitu Selat Madura dengan panjang pantai sekitar 7 km yang membentang tambak mulai dari Kelurahan Pilang kecamatan Kademangan sampai dengan Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan dengan luas 164,5 Ha.

Pembangunan bidang kelautan dan perikanan di Kota Probolinggo mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal itu diimplementasikan dalam bentuk ketersediaan

berbagaifasilitas sarana dan prasarana bidang perikanan meliputi :

Dengan sarana dan prasarana tersebut telah berkembang usaha di sektor perikanan yaitu :

Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur Kota Probolinggo mempunyai beberapa keunggulan kompetitif sebagai tempat investasi di sector kelautan dan perikanan karena :

Adanya rencana dukungan tata ruang wilayah Ketersediaan lahan/area untuk pengembangan unit-unit usaha

 

D. Potensi Industri

industri 1Kota Probolinggo memiliki Industri sebanyak 398 unit dengan penyerapan dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 11.318 orang dan tersebar di 29 Kelurahan, berikut adalah sektor industri di Kota Probolinggo :