|  
 

BALAI BAHASA JAWA TIMUR LAKUKAN KOORDINASI TERKAIT BAHASA MEDIA MASSA

09 Jul 2019 0 comment

Probolinggo, 9/7/2019 - Radio menjadi salah satu media massa yang masih favorit bagi masyarakat Kota Probolinggo. Untuk itu, sangat penting bagi pengelola radio untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Balai Bahasa Jawa Timur , Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hari ini (9/7) melakukan koordinasi pengawasan dan pengendalian penggunaan bahasa media massa di Kota Probolinggo yang dilaksanakan di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo.

Dalam materinya, Mustakim, selaku kepala Balai Bahasa Jawa Timur, mengatakan bahwa tujuannya hadir di Kota Probolinggo untuk berkoordinasi dengan pengelolah media massa dan selanjutnya akan ditentukan media  yang akan dilakukan pemantauan dalam penerapan bahasa Indonesia dalam kegiatan jurnalistik.

Hasilnya akan dilanjutkan dengan  penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia kepada para pengelolah media massa.  Harapannya, penggunaan bahasa media massa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang benar. "Bahasa Indonesia yang benar, dan menyejukkan, bahasanya lebih teratur," ujar Mustakim.

Mustakim  menjelaskan bahwa sasarannya adalah para pengguna bahasa seperti insan media, guru, pendakwah, bahkan para pengusaha, sehingga nantinya ada pembinaan kepada pengguna bahasa dan masyarakat dapat lebih disiplin dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Mustakim juga menjelaskan bahwa media massa merupakan etalase penggunaan bahasa, rujukan dalam penggunaan bahasa, pembina bahasa. Selain media massa juga sebagai pengembang bahasa, peran insan media sangat besar, maka penggunaan bahasa jurnalistik yang baik dan benar harus sesuai dengan situasi kondisinya.

"teman media dapat melakukan pembinaan bahasa yang baik, caranya dengan senantiasa menulis dengan bahasa yang benar," katanya.

Mustakim juga menambahkan tentang tanggung jawab  media massa yang diatur dalam pasal 3 (1) UU No. 40 Tahun 1990, bahwa media bertanggung jawab untuk memberi informasi dan mengawasi.

Aman Suryaman, kepala Diskominfo Kota Probolinggo, menyambut gembira kegiatan pagi ini, sebab ada 6 daerah di Jawa Timur yang akan dipantau oleh Balai Bahasa Jawa Timur, yang nantinya akan mendapat pembinaan. Hal ini akan memberi banyak informasi untuk  bermanfaat untuk media massa di Kota Probolinggo, sehingga berita yang dikabarkan menyejukkan. "Semoga bermanfaat  untuk kita semua, " kata Aman. (Yoke)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu