BERI PERHATIAN KHUSUS UNTUK LANSIA, RSUD Dr. MOCH SALEH BERIKAN LAYANAN GERIATRI

24 May 2019 0 comment

Probolinggo, 24/5/2019 - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moch. Saleh Kota Probolinggo berkomitmen untuk semakin meningkatkan mutu pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Berbagai layanan unggulan diluncurkan dan terus dikembangkan.

Salah satunya yang terbaru, RSUD Dr. Moch. Saleh secara resmi meluncurkan pusat layanan geriatri, di awal Mei lalu. Layanan ini juga menjadi yang pertama ada di Kota Seribu Taman.

Ketua Tim Penanggungjawab Layanan Geriatri, dr. Rizki Habibie, SpPD melalui Jubirnya, Mimin Setianingsih menjelaskan bahwa layanan geriatri tersebut diantaaranya poli klinik rawat jalan geriatri, yang meliputi pemeriksaan penyakit dalam geriatri psikiatri, geriatri sesuai assesmen geriatri, setiap hari Kamis pukul 08.00 – 11.00 WIB. Lalu kunjungan rawat rumah (home care) dan penyuluhan berkala.

"Untuk rawat jalan sudah terbentuk poli terpadu. Pelayanan rawat jalan pasien geriatri diantaranya penyakit dalam, rehabilitasi medis, saraf dan juga nutrisi," katanya, Jumat (24/5) siang tadi.

Di sisi lain, masalah kesehatan pada mereka yang berusia lanjut, secara kuantitatif dan kualitatif sangat kompleks dan membutuhkan perhatian khusus. Apalagi, selama ini ada salah persepsi mengenai orang lanjut usia (Lansia) dengan pasien geriatri.

Saat ditanya, lantas siapakah yang perlu mendapatkan pelayanan geriatri ini? Wanita berparas ayu itu menyampaikan, sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 79 Tahun 2014, pelayanan geriatri diberikan kepada pasien lanjut usia 60 tahun keatas, dengan kriteria memiliki lebih dari satu penyakit fisik, atau memiliki satu penyakit dan mengalami gangguan akibat penurunan fungsi organ, psikologi, sosial, ekonomi dan lingkungan yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Geriatri sendiri adalah orang lanjut usia atau Lansia berumur 60 tahun ke atas, yang biasanya memiliki 1 atau 2 keluhan penyakit fisik atau psikologis,” ujarnya.

Selain itu, pasien dengan usia 70 tahun keatas yang memiliki satu penyakit fisik atau psikis, juga termasuk ke dalamnya. Penanganan terhadap pasien geriatri pun, diterangkannya, sifatnya khusus dan spesifik. Berbeda dengan penanganan terhadap pasien pada umumnya.

Para geriatri ini pun diharapkan dapat melakukan kontrol rutin untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Jika seandainya nanti diperlukan penanganan lanjutan, maka bisa cepat dilakukan. ”Perawatan penyakit pada pasien geriatri membutuhkan pendekatan khusus karena biasanya gejala penyakit tidak khas dan fungsi organ yang menurun,” terangnya. (Sonea)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu