|  
 

ANTISIPASI LONJAKAN HARGA SAAT RAMADAN, WALI KOTA SIDAK PASAR

13 May 2019 0 comment

MAYANGAN – Datangnya Ramadan jadi perhatian Pemkot Probolinggo. Di pekan pertama Ramadan, Wali Kota Hadi Zainal Abidin bersama Kapolresta AKBP Alfian Nurizal dan Wawali Mochammad Soufis Subri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Baru Kota Probolinggo, Senin (13/5) siang.

Hasil sidak, tidak ditemukan lonjakan harga cukup signifikan yang terjadi, seperti yang dikhawatirkan. Namun, tim satgas pangan akan terus memantau harga kebutuhan pokok agar tidak dipermainkan dan terjadi penimbunan.

Seperti diketahui, menjelang Ramadan, lonjakan harga sempat terjadi pada komoditi bawang putih yang harganya mencapai Rp 80 ribu per kilogramnya. Nah saat ini, harga bawang putih berangsur stabil ke harga Rp 35 ribu per kilogram, per Senin (13/5).

Harga daging ayam dan sapi pun terpantau tidak ada kenaikan harga yang drastis. Daging ayam yang biasanya Rp 30 ribu naik menjadi Rp 33 ribu, sedangkan daging ayam kampung per kilogram Rp 60 ribu. Daging sapi pun masih dikisaran Rp 100 ribu – 105 ribu per kilogram untuk kualitas biasa. Sementara daging sapi kualitas apik masih tetap diharga Rp 110 ribu.

“Kami sidak untuk melihat kondisi sekarang, karena kemarin-kemarin ada kenaikan daging ayam dan sapi. Dan, kami berharap menjelang Hari Raya Idul Fitri tidak ada lonjakan yang sangat tinggi,” harap Habib Hadi –sapaan akrab wali kota-, yang sempat memborong daging sapi untuk ia bagi-bagikan.

Terus Lakukan Pemantauan

Habib Hadi menegaskan, distributor atau pengepul jangan sampai memainkan harga, serta memanfaatkan momen menjelang lebaran. Untuk itu, ada langkah yang diambil untuk mengantisipasi terjadinya kondisi tersebut. Pemerintah Kota Probolinggo bersama Polres Probolinggo Kota, melalui satgas pangan siap melakukan upaya yang dimaksud.

“Jangan sampai seenaknya menaikkan harga. Sehingga, masyarakat yang merasakan dampaknya. Stok sejauh ini masih aman semua. Kami akan pantau terus, jangan sampai ada penumpukan di gudang dan kosong di pasaran,” terangnya.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal pun membenarkan terkait kondisi harga di pasar saat ini. “Harga bawang putih turun, daging ayam ras ada kenaikan sedikit. Kami pun berharap bahwa tidak ada penimbunan yang terjadi di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota. Kami dengan satgas pangan akan menekan harga sampai lebaran nanti,” ujar perwira dengan dua melati di pundaknya itu.

AKBP Alfian pun mengimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak mempermainkan harga apalagi sampai melakukan penimbunan. “Karena ada sanksi berat jika terbukti melakukan penimbunan,” tegas kapolresta. (famydecta/humas)

sumber : https://humasprotokol.probolinggokota.go.id

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu