• bangkit111
  • ramadhan2
  • ramadhan1

PEMILU 2019 SUKSES DIGELAR, KOTA PROBOLINGGO AMAN

01 May 2019 0 comment

MAYANGAN – Pemilihan umum (pemilu) 2019 di Kota Probolinggo telah usai. Pesta demokrasi berjalan sukses dan aman, berkat sinergitas seluruh elemen masyarakat. Angka partisipasi dalam pemilu kali ini juga cukup tinggi. Mencapai lebih dari 85 persen. Kini, masyarakat diminta tenang sambil menunggu hasil penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sejumlah elemen masyarakat pun menggelar “Deklarasi Pasca Pemilu Serentak 2019 untuk Membangun Kota Probolinggo Damai”, Rabu (1/5) sore di Alun-alun. Deklarasi ini menunjukkan tidak ada lagi perbedaan buntut dari pelaksanaan pemilu 2019.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin; Wawali Mochammad Soufis Subri; Kapolresta AKBP Alfian Nurizal; Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo; Ketua KPU Ahmad Hudri; Ketua Bawaslu Azam Fikri; Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB); Majelis Ulama Indonesia (MUI); pengurus partai politik dan calon legislatif terpilih; bersama organisasi masyarakat bersama-sama mendeklarasikan kedamaian di Kota Probolinggo.

“Pelaksanaan pemilu berjalan sukses. Partisipasi masyarakat pun lebih dari 85 persen. Artinya, kesadaran politik masyarakat semakin baik. Secara umum, kondisi keamanan di Kota Probolinggo pasca pemilu sangat kondusif,” ujar Habib Hadi –sapaan akrab wali kota-.

“Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, Polres, Kodim 0820, KPU, Bawaslu, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan elemen lainnya yang telah bersinergi menyukseskan pemilu serentak,” lanjutnya.

Habib Hadi mengingatkan, sebelum pelaksanaan pemilu masyarakat dihantui ketidakberhasilan pemilu, khususnya terkait keamanan. Saat kampanye, setiap hari masyarakat disuguhi berita hoax, hate speech, provokasi, diskriminasi, SARA yang menyebabkan permusuhan di masyarakat.

“Pemilu telah selesai, KPU tengah menuntaskan proses rekapitulasi hasil pemilu mulai dari pemilihan presiden, DPD, DPR pusat hingga DPRD. Inilah pilihan rakyat yang harus kita terima dengan legawa,” tegas Habib Hadi.

Kini, kata Habib Hadi, saatnya kembali bekerja sama dan gotong royong membangun Kota Probolinggo yang lebih baik, berkeadilan, sejahtera, transparan, aman dan berkelanjutan. Menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deklarasi sore itu dibacakan Ketua FKUB Kota Probolinggo Ahmad Philip. Dalam deklarasi itu semua elemen berkomitmen Bersama menjalin nilai-nilai kerja sama dan semangat gotong royong dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia dan perekonomian Kota Probolinggo; Bersama menghormati perbedaan dan keberagaman yang merupakan bentuk anugerah Tuhan yang merupakan kekayaan, kekuatan, dan warisan bangsa Indonesia khususnya di Kota Probolinggo; Bersama senantiasa mengorbankan semangat kebersamaan di tengah perbedaan, dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan dan persatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika; Bersama menolak segala bentuk hoax, hate speech, provokasi, diskriminasi dan SARA yang menyebabkan permusuhan dan perpecahan sesama anak bangsa khususnya di Kota Probolinggo; Bersama menerima dan menghormati hasil pemilu serentak 2019 serta mendukung penuh terwujudnya Kota Probolinggo yang damai, guyub dan rukun.

Habib Hadi pun mengaku bangga dengan kedewasaan dalam demokrasi di Kota Probolinggo. Misalnya, usai pilkada langsung bertemu dengan semua kandidat kepala daerah yang ikut dalam pemilihan. Dilanjutkan pada deklarasi pasca pemilu yang baru saja berlangsung.

Ia pun menyadari selama berbulan-bulan semua bergejolak di masyarakat, sampai puncaknya 17 April lalu. “Saatnya kita merangkul ke bawah supaya tidak ada gesekan. Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk menunggu hasil dari KPU, satu-satunya lembaga yang berwenang menetapkan hasil pemilu,” terang Habib Hadi, saat ditemui usai deklarasi.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal menuturkan suksesnya pemilu di kota ini adalah hasil sinergi dengan Kodim 0820 dan Pemkot Probolinggo. Sebanyak 605 TPS (Tempat Pemungutan Suara) sudah selesai menggelar penghitungan sampai pleno di tingkat Kota Probolinggo. Surat suara pun telah bergeser ke KPU Provinsi Jawa Timur.

“Dari kampanye hingga penghitungan suara kami sama-sama menjaga demokrasi di tempat ini dengan semua tokoh agama dan tokoh masyarakat. Bhineka Tunggal Ika, tetap terjaga. Keberhasilan ini keberhasilan kita bersama. Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang turut bekerja sama untuk menjaga kondusifitas,” beber kapolres.

AKBP Alfian pun meminta masyarakat jangan terpengaruh berita hoax dan ujaran kebencian. “Gunakan logika. Masyarakat harus tahu, memilah mana yang baik dan bermanfaat. Kegiatan pemilu sudah usai, kini mari membangun Kota Probolinggo yang lebih sejahtera dan sukses,” tutur perwira dengan dua melati di pundaknya itu. (famydecta/humas)

sumber : https://humasprotokol.probolinggokota.go.id

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu