MASYARAKAT TANYAKAN PELAYANAN BPJS DI TALKSHOW ON THE STREET

14 Apr 2019 0 comment

Probolinggo, 14/4/2019 -  “Saya mau tanya, apa kualitas obat yang diberikan kepada pasien peserta BPJS kelas 1, 2 dan 3 sama? Karena pelayanan kelas agak berbeda, belum lg biaya jelas banget perbedaannya,” tanya Nurul, warga asal Wiroborang yang mengunjungi stand Diskominfo pada giat Gelar Diseminasi Informasi Pelayanan Terpadu pada Masyarakat (Gadis Penter Mas), Minggu (14/4) pagi di area Car Freee Day (CFD) pasar minggu, Aloon-aloon.

Menggandeng 2 orang narasumber dari RSUD dr. Moch. Saleh dan BPJS Kesehatan dalam bincang-bincang pagi bertajuk “Talkshow On the Street”, giat pagi tadi mampu menarik antusias dan partisipasi masyarakat yang melintas.

Diterangkan Agus Tri Wahyudi, Kasi Pelayanan Medik dari RSUD dr. Moh. Saleh bahwa perbedaan kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 peserta JKN-KIS ada pada fasilitas kamar perawatan ketika pasien harus dirawat inap, dimana peserta JKN-KIS kelas 1 akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 1. “Biasanya ruangan rawat inap dengan 1 sampai 2  tempat tidur,” katanya.

Peserta kelas 2, lanjutnya, akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 2, yang ruangan rawat inapnya yang terdiri dari 3 sampai 5 tempat tidur disetiap ruangan. Sedangkan untuk peserta kelas 3 akan mendapatkan fasilitas kamar rawat inap kelas 3. Pada umumnya terdiri dari 5 sampai 8 tempat tidur. “Sementara untuk obat pada dasarnya sama untuk setiap kelas. Baik pasien yang tercover BPJS maupun pasien umum,” terangnya.

Berbeda dengan yang ditanyakan Nurul, warga asal Bremi bernama Edi, menanyakan status BPJS Kesehatan untuk tenaga non ASN yang beberapa waktu lalu sempat dinonaktifkan. Ia menanyakan, bagaimana bila terjadi perubahan data administrasi kependudukan terkait pernikahan. “Calon istri saya akan tetap bergabung dengan keluarga sebelumnya ataukah dapat mengikuti saya (selaku suami) nantinya? Mohon pencerahannya,” tanyanya.

Menjawab hal itu, bagian kepesertaan BPJS Kesehatan Haidul Adha Rifaldy menjelaskan, terkait perubahan data pasien bagi pekerja yang menerima upah, perubahan data bisa saja dimungkinkan. Caranya, pasien terlebih dahulu melakukan pembaharuan data pada Kartu Keluarga (KK), lalu menyerahkan perubahan data yang baru ke kantor BPJS Kesehatan.

“Perubahan data ini juga bisa disampaikan bagi pekerja yang menerima upah dan menjamin maksimal tiga orang didalam tanggungannya. Perubahan data bisa saja terjadi apabila anak sudah menikah atau memiliki penghasilan sendiri atau meninggal dunia,” jelasnya. (Sonea)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu