5 CATATAN PENTING WALI KOTA PROBOLINGGO DALAM MUSRENBANG 2020

18 Mar 2019 0 comment

Probolinggo, 18/3/2019 - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Probolinggo Tahun 2020 yang bertempat di gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Jalan Panglima Sudirman No. 19, Senin (18/3) pagi.

Musrenbang adalah musyawarah pemangku kepentingan (stakeholder) di tingkat kota untuk mematangkan RKPD yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh rancangan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah hasil forum OPD dengan meninjau keserasian antar seluruh rancangan Renja OPD yang hasilnya digunakan untuk pemutahiran rancangan RKPD dengan merujuk kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

IMG 20190318 WA0006Musrenbang ini membahas pembangunan SDM yang disesuaikan dengan tema “Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia Kota Probolinggo didukung Tatakelola yang Berkualitas”.

Kepala Bappeda Litbang, Rey Suwigtyo melaporkan, RKPD Kota Probolinggo Tahun 2020 merupakan sebuah dokumen perencanaan pembangunan yang menjadi pedoman untuk perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian serta pertangungjawaban pembangunan daerah.

Tujuannya, tak lain untuk menyempurnakan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, alokasi anggaran indikatif berdasarkan program dan fungsi OPD, rancangan alokasi dana kelurahan dan usulan kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

Selain itu, Musrenbang dilaksanakan guna menyusun rincian rancangan awal kerangka anggaran yang merupakan rencana kegiatan pengadaan barang dan jasa yang perlu dibiayai oleh APBD untuk mencapai tujuan pembangunan.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin bersama Wakil Wali Kota HMS. Subri didampingi Sekda Bambang Agus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan A. Sudiyanto dan perwakilan Gubernur Jawa Timur Abdul Azis, hadir pada pembukaan Musrenbang kali pertama ini.

Habib Hadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa isu strategis dalam pembahasan Musrenbang RKPD yang menjadi prioritas pembangunan Kota Probolinggo ada lima poin. Diantaranya

1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan percepatan penanggulangan kemiskinan
2. Pemerataan pembangunan dan aksebilitas antar wilayah

3. Peningkatan daya saing potensi ekonomi dan kesempatan kerja
4. Peningkatan kemandirian pangan yang didukung kelestarian sumber daya air dan lingkungan hidup
5. Peningkatan keamanan, ketentraman, ketertiban umum serta kualitas tatakelola pemerintahan dan pelayanan publik.

“Prioritas ini bertujuan untuk meminimalisir permasalahan di bidang ekonomi, sosial, budaya dan infrastruktur serta memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai dan budaya masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Untuk itu, harmonisasi, sinkronisasi serta sinergi usulan program dan kegiatan dari seluruh stakeholder pembangunan diharapkan dapat dilaksanakan dalam setiap proses perencanaan. “Pada tahun 2020, Kota Probolinggo akan terus melaksanakan program pembangunan dalam bentuk pendampingan kolaborasi dengan pelaku pembangunan lainnya,” katanya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Probolinggo, Abdul Azis dalam kesempatan yang sama menyampaikan pokok-pokok pikiran. Dimana menurutnya, ada aspirasi masyarakat yang sangat menonjol di hasil reses DPRD beberapa waktu lalu, yakni terkait harapan masyarakat terhadap perbaikan infrastruktur. Lalu, lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan.”Khusus untuk dunia pendidikan, saya sangat mengapresiasi kebijakan Wali Kota terkait pendidikan gratis untuk sekolah negeri, pendidikan yang murah dan bermutu untuk sekolah swasta,” ujarnya bangga.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur Soekaryo memberikan 4 arahan kebijakan pembangunan, diantaranya pertama pemerataan sektor ekonomi yang berdaya saing tinggi pada perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil/motor, transportasi dan pergudangan.

Kedua, meningkatkan efisiensi dengan pemanfaatan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan. Tiga, peningkatan infrastruktur dan kualitas sumber daya manusia pada sektor pengolahan sampah, pendidikan dan kesehatan, sehingga menghasilkan output yang berdaya saing sektoral.

Keempat, peningkatan investasi sektor pertanian, kebutuhan gas, kontruksi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Acara Musrenbang RKPD Kota Probolinggo Tahun 2020 itu diikuti peserta dari anggota Forkopimda, DPRD Kota Probolinggo, Kepala OPD di lingkungan Pemkot, camat dan lurah, delegasi kecamatan, lembaga sektoral skala kota, pimpinan perguruan tinggi, ketua organisasi kemasyarakatan, ketua lembaga/kelompok masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama dan undangan lainnya sebanyak 280 orang. (Sonea)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu