PEMKOT GELAR UPACARA GUNA PERINGATI HARI DAMKAR, SATPOL PP, DAN SATLINMAS

18 Mar 2019 0 comment

Probolinggo, 18/3/2019 - Pagi tadi (18/3) Pemerintah Kota Probolinggo menggelar upacara dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran ke 100. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga diperingati hari jadi ke 69 Satuan Polisi Pramong Praja (Sat Pol PP) serta Hari Jadi ke 57 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

IMG 20190318 WA0004Berbeda dengan peringatan sebelumnya, pada kesempatan pagi ini serangkaian pra-upacara menampilkan aksi simulasi dari Sat Pol PP, satuan personil dari Damkar, personil BPBD Kota Probolinggo, personil Dishub dan Satuan personil dari Polresta Kota Probolinggo.

Pelaksanaan simulasi tersebut adalah kolaborasi instansi terkait dalam penggambaran kondisi kegawatdaruratan seperti kecelakaan, terjadinya bencana alam kebakaran, yang dapat dilaporkan dalam pelayanan penggunaan layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) call center 112.

Sebelum menyampaikan sambutannya Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengajak peserta upacara untuk berdoa bagi para korban dalam kasus penembakan di Kota Christchurch Selandia Baru, dan korban bencana banjir bandang di Sentani, Papua dan yang terbaru korban bencana gempa di Lombok.

Di hadapan peserta upacara yang hadir, ia juga meminta agar tidak menyebarluaskan video terkait kejadian di Cristchruch dan bencana alam yang terjadi saat ini agar tidak menambah suasana yang menegangkan. Ia berharap agar Kota Probolinggo aman dan kondusif serta selalu dalam lindungan-Nya.

Habib Hadi dalam membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), meminta secara khusus kepada Damkar berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Selain itu, mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman kejadian kebakaran. Hal tersebut merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat sesuai dengan amanah Nawacita pertama, yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindung segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

Ia juga mengingatkan tugas Satpol PP dalam penegakkan Peraturan Daerah (Perda) dan Satlinmas berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan termasuk perlindungan masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Sat Pol PP Ke-69, dan HUT Sat Linmas Ke-57 mengajak seluruh bangsa lndonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi Ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,” jelas Habib Hadi.

Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Sedangkan Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Sementara Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu, serta membantu upaya pertahanan Negara.

Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa lndonesia yakni Pemilu Serentak 2019 sebagai indikator elemen penting bangsa Indonesia dalam menjalankan sistem demokrasinya. “Mari kita jaga sama-sama kulitas penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidahnya,”jelas Wali Kota Probolinggo.

IMG 20190318 WA0003Dalam kegiatan upacara pagi ini, juga diberikan penyerahan terhadap lomba ketangkasan baris berbaris Satlinmas Kota Probolinggo. Juara pertama diraih Kecamatan Kanigaran, disusul Kecamatan Mayangan dan Kecamatan Kademangan. Serta juara harapan satu direbut Kecamatan Wonoasih dan Kedupok.

Serta pemberian piagam penghargaan Arsip Nasional RI Kategori Baik berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2018 untuk Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dispersip Kota Probolinggo.

Dan pemberian penghargaan terhadap Olimpiade Matematika Pelajar Nasional Tingkat Kota Probolinggo 2019. Penerima Ahli Waris Santunan Kematian, Penerima SK CPNS TMT 1 Bulan Februari 2019, Penerima SK PPT Akutansi, Penerima SK Pengemudi Mobil Dinas Pimpinan, Penerima Kenaikan Pangkat 1 April 2019, Penerima THT dan Dana Pensiun Bulan April 2019.

Serangkaian agenda upacara pagi tadi ditutup dengan Wali Kota Probolinggo, berkeliling secara spontanitas untuk meminta dana sumbangan yang akan di salurkan bagi korban bencana alam di Papua dan Lombok. (Dev)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu