• bangkit111
  • ramadhan2
  • ramadhan1

RATUSAN TAKMIR MASJID DI KOTA PROBOLINGGO IKUTI SOSIALISASI MANAJEMEN MASJID

14 Mar 2019 0 comment

Probolinggo, 14/3/2019 - Bertempat di Puri Manggala Bhakti Kantor Pemkot Probolinggo, Kamis pagi (14/3), Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin secera resmi membuka kegiatan sosialisasi Pembinaan Manajemen Masjid  se Kota Probolinggo. Giat pagi ini digelar oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Probolinggo.

Kabag Kesra, Khairul Anam dalam laporannya mengatakan, para takmir masjid harus menjalankan manajemen masjid sesuai dengan aturan yang berlaku.

IMG 20190314 WA0012Diantaranya untuk menjalankan manajemen keuangan dan program kerja lain yang  bertujuan untuk memakmurkan masjid dan mengembalikan fungsi masjid yang sesungguhnya.

"Tujuan giat pagi ini yakni untuk meningkatkan kemampuan pengelola masjid menyangkut perencanaan, pengorganisasian, pengadministrasian, keuangan, pengawasan dan pelaporan. Dan memakmurkan masjid seperti peribadatan pendidikan, kegiatan sosial dan peningkatan hari-hari besar islam serta mengoptimalkan pemeliharaan bangunan, peralatan, lingkungan, kebersihan, keindahan dan keamanan masjid termasuk penentuan arah kiblat," tutur Kabag Kesra.

Dengan menghadirkan narasumber dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) cabang Kota probolinggo Nashaihuddin Ahmad, sebanyak kurang lebih 10 peserta takmir masjid se Kota Probolinggo mendengarkan paparan materi yang disampaikan dengan sungguh-sungguh.

Kurang teraturnya pengelolaan masjid juga salah satu faktor yang menyebabkan sepi jama’ah. Dengan giat pagi ini. Dimana manajemen masjid yang baik harus bisa memberikan tempat terbaik bagi jama’ah dalam melaksanakan ibadah maupun kegiatan sosial kemasyarakatan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin juga menjelaskan bahwa masjid sendiri merupakan tempat strategis dalam rangka membina dan meningkatkan aktivitas ibadah, serta menjaga stabilisasi temperatur batin atau spritualisasi jama’ah guna memperoleh ketenangan ketentraman jiwa melalui sholat jama’ah yang istiqomah.

Dengan demikian keberadaan masjid ini menjadi positif dan sangat diperlukan sebagai sarana ibadah sosial sekaligus dapat bersilahturahmi antar jama’ah.

Dihadapan hadirin dan para peserta, Habib Hadi juga mengenalkan salah satu programnya yang tengah dijalankan saat ini yakni (Jasling) Jama’ah Subuh Keliling di masjid-masjid Kota Probolinggo.

“insya Allah akan hadir sholat berjama’ah di masjid-masjid para takmir masjid yang hadir saat ini setiap hari jum’at secara bergantian’’ jelasnya.

Ia juga memperkenalkan surat edaran terkait  sholat dzuhur dan ashar secara berjama’ah dilingkungan OPD Pemkot Probolinggo.

Habib Hadi juga berpesan kepada para takmir masjid yang hadir, semoga masyarakatnya dapat berlomba-lomba dalam hal kebaikan slah satunya yakni dapat sholat berjama’ah di masjid-masjid terdekat.

“Mudah-mudahan dilingkungan masjid-masjid yang ada ini, masyarakatnya dapat melaksanakan sholat jam’ah, bukan berlomba-lomba membangun masjid yang paling megah mana yang paling bagus tapi tidak ada jama’ahnya.” jelasnya.

Tak perlu bangunan masjid itu bagus ataupun megah, yang terpenting adalah layak, nyaman dan yang sholat tentram itu yang paling utama. Sehingga masyarakat sekitar bisa hadir di kegiatan sholat berjama’ah di masjid-masjid yang ada di Kota Probolinggo.  (Dev)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu