• bangkit111
  • ramadhan2
  • ramadhan1

PEMKOT PROBOLINGGO GELAR PENANDA TANGANAN PERJANJIAN PINJAM PAKAI BARANG MILIK DAERAH

06 Mar 2019 0 comment

Probolinggo, 6/3/2019 - Rabu siang tadi (6/3), Pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Penerimaan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Probolinggo menggelar Penandatanganan Perjanjian Pinjam Pakai Barang Milik Daerah.

Dalam laporannya, Kepala BPPKAD, Imanto menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan Forkopimda, Organisasi Kemasyarakatan dan beberapa instansi vertikal di Kota Probolinggo. "Selain itu juga agar tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) serta membantu pelaksanaan tugas penerima pinjam pakai BMD,” jelasnya.

Imanto menambahkan bahwa penerima pinjam pakai BMD sebanyak 20 instansi atau lembaga di Kota Probolinggo yaitu Kejaksaan Negeri, Polres Probolinggo Kota, KODIM 0820, Pengadilan Negeri, Sub Denpom V/31 (Polisi Militer), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kementerian Agama Kota Probolinggo, KPU, Bawaslu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, Badan Pertanahan Nasional, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II, KONI, Muhammadiyah Kota Probolinggo, PCNU, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Rupbasan Kemenkumham.

Dalam sambutannya, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, perlu diketahui bahwa tiap tahun dalam pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah oleh BPK RI, yang menjadi sorotan utama adalah pengelolaan aset daerah atau BMD. Salah satunya terkait dengan pemanfaatan barang milik daerah Kota Probolinggo.

"Maka dari itu pinjam pakai Barang Milik Daerah harus sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 dan dapat mengoptimalkan Barang Milik Daerah yang ada dan tidak mengganggu pelaksanaa tugas dan penyelenggaraan pemerintah daerah,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut Wali Kota Probolinggo menekankan beberapa hal yaitu:

  1. Penandatanganan pinjam pakai dilakukan dalam rangka tertib administrasi sekaligus mempermudah pengawasan.
  2. Biayapemeliharaan dan pengamanan barang milik daerah menjadi tanggung jawab peminjam pakai.
  3. Jangka waktu pinjam pakai selama 5 tahun dan dapat diperpanjang 1 kali.
  4. Dimohonkepada para peminjam pakai agar melakukan pengamanan atas barang milik daerah yang dipinjam pakai karena apabila terjadi kehilangan maka peminjam pakai harus bertanggung jawab atas BMD tersebut.
  5. Pemanfaatanbarang milik daerah yang pinjam pakai digunakan untuk menunjang kelancaran tugas kantor atau kedinasan.
  6. Kedepan, penandatanganan perjanjian akan dilakukan secara rutin disetiap tahunnya sesuai dengan penanda tanganan hari ini agar mempermudah fungsi pengawasan.
Kegiatan yang berlangsung di gedung Shaba Bina Praja sejak pukul 14.00 WIB ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Probolinggo HMS. Subri, Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dan juga para kepala OPD. (art)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu