• bangkit111
  • ramadhan2
  • ramadhan1

JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, DINKES PIMPIN SIDAK MAMIN DAN KOSMETIK

11 Dec 2018 0 comment

Probolinggo, 11/12/2018 - Jelang Natal dan Tahun Baru, Dinas Kesehatan Kota Probolinggo pimpin sidak makanan dan minuman (mamin) serta kosmetika, Selasa(11/12). Mulai pukul 09.00 WIB, tim gabungan antara Dinkes, MUI, Polresta, LP4K Madani, DKUPP serta  perwakilan masing-masing kecamatan bergerak melakukan sidak.

Pertama tim menuju GM dept store, Sinar Terang dan KDS. Ketiga pertokoan besar tersebut berada di sepanjang Jalan Dr. Soetomo, kemudian bergerak menuju Indomaret dan Giant yang lokasinya di Jalan Soekarno Hatta.

SIDAK MAMIN DAN KOSMETIK2Sidak yang dipimpin Sekdis Dinkes, Hery Siswanto ini tidak menemukan indikasi mamin yang membahayakan termasuk kandungan kosmetik yang beredar masih aman.

"Sejauh ini masih sesuai dengan aturan, mulai dari ijin edarnya tercatat di BPPOM. Misal ada label PIRT bagi industri rumah tangga, MD, ML serta tercantum tanggal expirednya. Untuk itu dinyatakan aman, namun masyarakat harus tetap waspada saat membeli mamin dan kosmetika," pintanya.
 
Kegiatan semacam ini sebenarnya dilakukan secara kontinyu oleh dinkes, namun tim gabungan bergerak dalam momen tertentu. Bahkan untuk sasarannya bukan hanya pertokoan besar, termasuk toko kelontong di pasar maupun distributor.

Pihak manajemen supermarket sendiri tidak pernah keberatan dengan rutinnya sidak mamin maupun kosmetik yang dilakukan pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh Sri Lestari Manager area KDS kala mendampingi tim sidak.

"Justru sering sidak bisa menambah kepercayaan bagi konsumen untuk berbelanja di tempat kami. Meski sdah ada SOP serta pengawas dari masing-masing produk mamin maupun kosmetik. Termasuk melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa-nya," imbuhnya.

Jika masih ditemukan kemasan yang penyok, bisa jadi karena faktor dari luar. Misalnya, perlakuan konsumen saat memilih produk. Namun jumlahnya sangat minim.

Konsumen yang berbelanja, Roni(28) mengapresiasi keseriusan pemerintah dalam menjamin peredaran mamin dan kosmetik. Terutama di luar pertokoan besar, yang menurutnya rawan produk tetap dipajang meski mendekati expired.

Para pegawai Dinkes sendiri ada yang memasukkan nomor ijin edarnya untuk dikrosscek secara online. Inipun juga bisa dilakukan oleh konsumen, apalagi jika tidak meyakinkan nomor yang tercantum tersebut, sehingga bisa diakses data dari BPOM tentang produk itu asli atau tidak. (Yul)

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu