• Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner5
  • banner6
  • banner7

JELANG AKHIR TAHUN, BPS KOTA PROBOLINGGO SOSIALISASIKAN EKSPOS DATA STRATEGIS PEMBANGUNAN

28 Nov 2018 0 comment  

Probolinggo,29/11/2018. Sesuai dengan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki tupoksi untuk menyelenggarakan kegiatan statistik mulai dari pengumpulan, pemeriksaan, pengawasan, editing-coding, pengolahan, validasi data, samai dengan penyajian di bidang statistik dasar. Yaitu statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk keperluan yang bersifat luas, baik bagi pemerintah maupun masyarakat yang memiliki ciri-ciri lintas sektoral, berskala nasional dan makro.  

Untuk itulah, BPS bersinergi dengan Badan Perencanaan, Pembangunan Daerah dan Penelitian Bangsa (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo mengadakan Sosialisasi dan penyebarluasan informasi statistik ke publik, terkait dengan data-data yang dihasilkan BPS dalam Expos Data BPS Kota Probolinggo Tahun 2018, Rabu (28/11) pagi, di Bentar Hall Bromo View Hotel.

“Disamping itu BPS juga berkewajiban untuk membantu instansi pemerintah sesuai lingkup tugas dan fungsinya untuk menyelenggarakan kegiatan statistik sektoral baik yang dilakukan oleh instansi yang bersangkutan maupun kegiatan yang dilakukan secara bersama dengan BPS itu sendiri,” kata Kepala BPS Kota Probolinggo, Adenan.

Menurutnya, data yang dihasilkan BPS diperoleh melalui sensus maupun survey seperti SP 2020, ST dan SE. Sedangkan data yang dihasilkan dari survey, semisal PDRB, pertumbuhan ekonomi, inflasi, kemiskinan dll. Disamping itu ada beberapa data publik yang sumber datanya sebagian besar hasil kompilasi data dari instansi terkait di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo, Rukmini yang hadir membuka sosialisasi pagi itu menyampaikan bahwa, Kota Probolinggo turut serta berperan aktif dalam proses pembangunan. Dimana setiap tahapan pembangunan didalamnya membutuhkan perencanaan yang matang dan holistik sehingga output yang dihasilkan dapat berjalan secara maksimal. “Tepat sasaran  dan sesuai dengan yang diharapkan, tentu dengan perlunya dukungan data yang akurat dan akuntabel,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, inflasi atau Indeks Harga Konsumen juga memiliki peran penting dalam proses pembangunan tersebut. Dimana angka inflasi dapat dipakai sebagai rujukan perencanaan pembangunan, penentuan suku bunga bank, penentuan eskalasi proyek, penentuan UMR dan masih banyak lagi.

“Oleh karenanya, inflasi harus terkendali agar tidak membebani pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Adalah tugas TPID (Tim Pengendalian Inflasi daerah, red) ini dengan informasi dari BPS untuk mengawal inflasi sesuai acuan BI dengan cara memantau harga secara kontinyu, utamanya menjelang hari-hari besar agama dan memastikan cadangan pangan tercukupi dengan harga yang tidak memberatkan masyarakat,” jelasnya.

Dihadapan puluhan peserta sosialisasi perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot itu, Rukmini mengajak stafnya untuk turut serta membantu BPS dengan memberikan data sekunder yang cepat, akurat dan akuntabel, agar kemajuan yang dicapai dari waktu ke waktu tidak sia-sia. Sehingga upaya yang telah dikerahkan agar kehidupan masyarakat semakin makmur dan sejahtera dapat tercapai. (Sonea)

probolinggokota.go.id Menuju Probolinggo Kota Jasa Berwawasan Lingkungan Yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Thunderstorms

29°C

Probolinggo

Thunderstorms
Humidity: 72%
Wind: NNE at 9.66 km/h
Saturday
Thunderstorms
26°C / 30°C
Sunday
Cloudy
26°C / 30°C
Monday
Partly cloudy
25°C / 31°C
Tuesday
Scattered thunderstorms
26°C / 31°C

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu