• Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner5
  • banner6
  • banner7

KOMINFO SOSIALISASIKAN SPBE SERTA TEKNIS PENDAFTTARAN SISTEM ELEKTRONIK

21 Nov 2018 0 comment  

Semakin menjamurnya aplikasi di masing-masing daerah, membuat Kementerian Kominfo RI  melakukan seleksi  yang ketat. Salah satunya tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo RI no 10 tahun 2015 tentang tata cara pendaftaran sistem elektronik instansi penyelenggara negara. Termasuk Perpres no 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)  

Kedua materi itu  disosialisasikan oleh Diskominfo Kota Probolinggo, Rabu(21/11). Sekitar 120 orang peserta mewakili OPD se-kota, meliputi kasubag program, Prakom dan tenaga IT. Kegiatan ini mendapat support dari Asisten Administrasi Umum Budiono Wirawan yang sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut di Puri Manggala Bhakti.

“Kegiatan ini mendukung e- Government, sehingga penggunaan IT bisa mempermudah pelayanan publik sesuai dengan era yang serba digital saat ini. Untuk para peserta sebagai perwakilan OPD harus memahami secara teknis, lalu berkoordinasi dengan diskominfo ” imbuhnya.

Menurut Kepala Diskominfo Aman Suryaman, acara semacam  ini menjadi penting. Mengingat Kota Probolinggo sendiri memiliki sekitar 109 macam aplikasi dari berbagai layanan OPD. Untuk itulah perlu dirampingkan dan terintegrasi sehingga bisa lebih efektif, efisien dan transparan.

“Bukan berarti dilarang untuk membuat aplikasi, silahkan namun tetap koordinasikan dengan diskominfo. Dengan begitu bisa ditelusuri apakah sudah sesuai, tidak terjadi kebocoran data ataupun hal yang lainnya. Bahkan jika membutuhkan akan kita fasilitasi untuk dibahas lebih lanjut,” ungkapnya.

Secara teknis cara mendaftar sistem elektronik instansi penyeleggara negara dipaparkan oleh Mar’ie Hendrianto sebagai narasumber. Harapannya semua OPD bisa mengisi form tersebut, lalu diverifikasi oleh diskominfo, kemudian didaftarkan ke Kemenkominfo RI untuk diaudit.

“Jika memenuhi syarat dan bagus bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Namun jika dianggap tidak bagus, dengan berbagai pertimbangan kerawanan, kebocoran data atau yang lainnya, maka akan dihapus,” kata Mar’ie. (Yul)

probolinggokota.go.id Menuju Probolinggo Kota Jasa Berwawasan Lingkungan Yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Thunderstorms

29°C

Probolinggo

Thunderstorms
Humidity: 73%
Wind: N at 9.66 km/h
Saturday
Thunderstorms
26°C / 30°C
Sunday
Cloudy
26°C / 30°C
Monday
Partly cloudy
25°C / 31°C
Tuesday
Scattered thunderstorms
26°C / 31°C

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu