• Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner5
  • banner6
  • banner7

Warga Manfaatkan Limbah Tahu Untuk Memasak

Berawal dari kesadaran pribadi telah melakukan pencemaran lingkungan, H. Sidiq seorang pemilik pabrik Tahu Proma, telah berhasil menyulap limbah Tahu menjadi energy alternative Biogas. 

03 Aug 2016 0 comment  

Berawal dari kesadaran pribadi telah melakukan pencemaran lingkungan, H. Sidiq seorang pemilik pabrik Tahu Proma, telah berhasil menyulap limbah Tahu menjadi energy alternative Biogas. Hal ini  tercapai berkat kesadarannya dan program bantuan pengolahan limbah dari Pemkot Probolinggo melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Sebelumnya H.Sidiq merasa kebingungan karena tidak menemukan cara untuk memanfaatkan limbah cair pabriknya. Selama ini ia hanya membangun IPAL dan  membuang limbah tersebut ke saluran air di sekitar lokasi pabriknya berdiri.

Berangkat dari tekadnya untuk memperbaiki sistem pengolahan limbahnya ia pun berkonsultasi ke pihak BLH setempat. Niatnya pun diterima dengan baik oleh BLH melalui Kabid Tata Pentaatan, Setyo Rini.  Tanpa menunggu lama Rini segera meninjau lokasi guna mencarikan solusi permasalahan pencemaran lingkungan yang terjadi.

Setelah mengetahui situasi dan kondisi dilapangan, Rini  bersama rekannya dari BLH melakukan study banding ke daerah Purwokerto pada tahun 2013. Pasalnya didaerah tersebut terdapat pabrik Tahu yang berhasil mengolah limbahnya menjadi Biogas.

Selanjutnya untuk mengimplementasikan hasilstudy dari Purwokerto, maka pada tahun 2014 BLH  bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mendesain khusus teknologi pengolahan limbah Tahu di Kota Probolinggo. ”Kami memilih technologi tylor made dari BPPT karena desainnya dapat menyesuaikan dengan kondisi, lokasi,” ungkap Rini ketika menemaniSuara Kota saat mengunjungi lokasi pabrik Tahu yang terletak di Jalan Lumajang No 555 Kelurahan Kedung Asem.

Pada kesempatan tersebut, Suara Kota didampingi pula oleh H. Sidiq untuk melihat langsung proses pengolahan limbah Tahu yang telah diproses menjadi Biogas. Sidiq menjelaskan tahapan pengolahan limbah cair pabriknya yang mencapai 6 ribu liter perhari. Tahap awalnya limbah cair disalurkan ke dalamDigister ukuran 3x3 meter yang terpendam di dalam tanah dengan kedalaman 4 meter.

Didalam Digester ini telah diletakkan sejumlah potongan batang bambu yang dijadikan habitat bakteri pengubah limbah Tahu menjadi Biogas. Setelah dua jam limbah Tahu sudah berubah menjadi Biogas yang kemudian disimpan ke dalam Gas Holder. Biogas pun siap untuk disalurkan melalui pipa ke rumah warga sekitar pabrik. “Alhamdulillah berkat Biogas dari limbah Tahu ini, sekarang warga bisa memasak seharian tanpa bingung untuk membeli bahan bakar. Dengan Biogas ini warga bisa hemat, karena warga hanya membayar iuran 15 ribu per bulan untuk biaya perawatan,” ungkap Sidiq.

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan Biogas tersebut aman. Meski pada awal mulanya sebagian warga sempat menolak karena khawatir bisa meledak. Maka untuk menepis rasa khawatir itu, ia bersama Rini melakukan sosialisasi tentang tata cara pemanfaatan Biogas kepada warga sekitar.  Alhasil sejak setahun lalu hingga kini, sebanyak 43 warga merasakan manfaat Biogas untuk memasak serta keperluan dapur lainnya. (oke)

probolinggokota.go.id Menuju Probolinggo Kota Jasa Berwawasan Lingkungan Yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan

Twitter Kota Probolinggo

Cuaca Kota Probolinggo

SP_WEATHER_BREEZY

27°C

Probolinggo

SP_WEATHER_BREEZY
Humidity: 72%
Wind: S at 54.72 km/h
Sunday
Mostly cloudy
25°C / 31°C
Monday
SP_WEATHER_BREEZY
26°C / 33°C
Tuesday
Partly cloudy
26°C / 32°C
Wednesday
Partly cloudy
26°C / 33°C

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu