|  
 

PEMKOT PROBOLINGGO TERUS DORONG UMKM JADI PELAKU YANG TANGGUH DAN MANDIRI DI ERA DIGITAL

06 Aug 2019 0 comment

Probolinggo, 6/8/2019 - Guna meningkatkan kualitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menggelar workshop peningkatan kualitas produk dan kemasan dalam rangka menumbuhkembangkan produk unggulan daerah, yang berlangsung di Orin Hall, Selasa pagi (06/08) tadi.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia, terlebih di Kota Probolinggo. Dengan mengumpulkan sebanyak 120 orang yang terdiri dari pelaku UMKM dan Kasie Pemberdayaan Masyarakat di kelurahan dan kecamatan se Kota Probolinggo, merupakan wujud kepedulian Pemkot untuk terus mendorong UMKM menjadi pelaku usaha tangguh dan mandiri dalam menumbuhkembangkan produk unggulan daerah menghadapi ketatnya persaingan pasar di era digitalisasi 4.0 saat ini.

Kepala DKUPP Kota Probolinggo Gatot Wahyudi dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk keberpihakan dan perhatian Pemerintah Kota Probolinggo dalam pemberdayaan pelaku UMKM dengan pelaksanaan pembinaan dan pelatihan dan fasilitasi-fasilitasi para pelaku UMKM, mendorong peningkatan kualitas dan kwantitas produk dan kemasan dalam menghadapi persaingan usaha, menumbuhkembangkan produk UMKM di wilayah kelurahan menjadi produk unggulan daerah yang memiliki ciri khas berbeda dari daerah lainnya.

Gatot menambahkan, dalam permasalahan yang tengah dihadapi oleh pelaku UMKM saat ini yakni terkait persaingan usaha prodak UMKM yang semakin ketat sehingga membutuhkan peningkatan kualitas produk dan kemasannya.

“Dengan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dimiliki saat ini, serta letak geografis yang strategis Kota Probolinggo, ternyata masih belum mampu memunculkan produk unggulan daerah yang mempunyai ciri khas Kota Probolinggo,” terangnya.

Gatot berharap melalui kegiatan ini, pelaku UMKM dan pendamping UMKM di kelurahan termotivasi untuk berinovasi dalam mengembangkan produk UMKM di daerahnya sebagai produk unggulan di Kota Probolinggo.

IMG 20190806 WA0005Sementara itu, Wawali Mochammad Soufis Subri juga meminta para pelaku UMKM dan segenap pihak yang terlibat untuk semakin meningkatan peran sesuai tupoksi yang dimiliki sehingga mampu bersinergi, baik dari pihak kecamatan maupun kelurahan sehingga dapat mendukung pembangunan Kota Probolinggo dalam sektor perekonomian masyarakat melalui usaha mandiri yang dijalankan UMKM.

“Harus ada validitas data UMKM yang jelas dan akurat sehingga kita mampu menyerap daya saing tenaga kerja di Kota Probolinggo,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Produk Unggulan Daerah (PUD) merupakan suatu barang atau jasa yang dimiliki dan dikuasai oleh suatu daerah, yang memiliki nilai ekonomis dan daya saing tinggi yang dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Subri juga berpesan kepada para pelaku UMKM agar meningkatkan semangat dan motivasi yang tinggi dalam menghadapi persaingan pangsa pasar di era digitalisasi saat ini untuk tetap mengunggulkan produk unggulan daerah di masing-masing wilayahnya.

“Pesan saya, dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing kelurahan, hendaknya dapat dikelola secra maksimal. Di era yang kompetitif seperti saat ini UMKM juga harus punya semangat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraannya dengan mengelola usahanya dengan profesional dan lebih berkembang,” ucapnya. (Dev)

 

 

 

probolinggokota.go.id Membangun Bersama Rakyat Untuk Kota Probolinggo Lebih Baik, Berkeadilan, Sejahtera, Transparan, Aman, dan Berkelanjutan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo: Jl. Panglima Sudirman No. 19, Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo
Telp: 0335 - 421228
Fax: 0335 - 420155

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu