• Banner1
  • Banner2
  • Banner3
  • Banner4
  • Banner5
  • banner6
  • banner7

Wali Kota Me-launching Sipadu Online

Wali Kota Probolinggo Rukmini melaunching sekaligus menyosialisasikan Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (SiPadu) Secara Online, Kamis (8/6), di Puri Manggala Bhakti. Program ini merupakan inovasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM - PTSP) Kota Probolinggo. 

Kegiatan ini dihadiri Sekda Bambang Agus Suwigyo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Sudiyanto, Asisten Administrasi Umum Rey Suwigtyo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para lurah dan para peserta sosialisasi.

Kepala DPM – PTSP, Paeni Efendi mengatakan maksud  diadakan kegiatan online ini untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Probolinggo dalam memberikan pelayanan perizinan kepada masyarakat secara cepat, sederhana dan transparan dengan memanfaatkan teknologi Informasi dan telekomunikasi dalam penyelenggaraan layanan masyarakat. 

“Kegiatan ini juga sebagai penguatan program pelaksanaan  E-Government yang sudah dilaksanakan pemkot mulai tahun 2015 sampai dengan sekarang, untuk menjadikan Kota Probolinggo sebagai Smart City,” ujarnya.

Wali Kota Rukmini menekankan kepada segenap OPD terkait secara teknis untuk konsisten mendukung sistem online ini. Dalam melakukan pembinaan, pengendalian dan pengawasan kepada masyarakat sesuai kewenangan yang melekat pada OPD. 

Berdasarkan tugas pokok dan fungsinya diatur dalam perwali, sehinggga apabila hal tersebut dilaksanakan dengan baik, maka akan menjadikan Kota Probolinggo sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik setelah Kota Surabaya bisa terwujud.

“Saya ingin Pemerintah Kota Probolinggo selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan agar setiap OPD memiliki inovasi untuk melayani masyarakat,” paparnya.

Rukmini juga berharap program ini berjalan lancar dan sukses, serta masyarakat bisa memanfaatkan program ini dengan baik. “Karena dengan program ini jangka waktu untuk proses 1 izin pelayanan memakan waktu 14 hari kerja bisa dipangkas menjadi 1 hari saja,” tutupnya. (umimifta/humas)

Thursday, 08 June 2017

Sekda Bambang Agus: Stop Kekerasan Pada Anak!

Sosialisasi dalam rangka mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) dengan gerakan stop kekerasan pada anak, digelar Senin (5/6) di gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo. Dihadiri 150 undangan dengan nara sumber dari Polres Probolinggo Kota dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan KB (Keluarga Berencana). 

Sekda Bambang Agus Suwignyo secara resmi membuka acara tersebut. Menurutnya, dengan mewujudkan Kota Layak Anak berarti telah menciptakan ruang publik bagi anak, melalui ruang kota ramah anak.  

“Tanpa adanya ruang ramah anak, mereka akan dekat dengan diskriminasi. Semoga dengan sosialisasi ini kita bisa mewujudkan kota Probolinggo sebagai kota layak anak dengan stop kekerasan pada anak sedini mungkin,” ujar sekda. 

Sementara itu, Kabah Kesra Anwar Fanani menuturkan, selain mewujudkan Kota Probolinggo sebagai Kota Layak Anak acara ini juga bertujuan melibatkan anak dalam pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Probolinggo. “Serta melindungi anak dari kekerasan,” jelasnya. (malinda/humas)

Monday, 05 June 2017

Perempuan Harus Peduli Olahraga

Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kota Probolinggo mengajak seluruh perempuan agar sadar akan pentingnya kesehatan dengan berolahraga. Jumat (26/5) pagi, digelar sepeda ria “being healthy by cycling” yang diikuti 38 peserta dari seluruh karyawan perempuan di Pemerintah Kota Probolinggo dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). 

“Selain sudah menjadi program kerja, Perwosi mengajak perempuan untuk peduli terhadap kesehatan dengan menggunakan sepeda. Dengan bersepeda kita turut mengurangi CO2 sekaligus meningkatkan peran wanita dalam berolahraga,” ujar Ketua Panitia Sepeda Ria, Aiptu Iis Febri Iskana. 

Satu regu sepeda ria terdiri dari 5 orang. Mereka menghias sepeda angin dengan apik dan berdandan sesuai tema masing-masing. Ada yang berdandan ala Marlena, daur ulang, polisi, lebah madu, kostum perjuangan, anak sekolah hingga koki. Yang menjadi kriteria penilaian dalam lomba ini antara lain ketepakan jarak tempuh, semangat, yel-yel dan tema. 

“Saya menyambut baik agar kegiatan ini dilaksanakan sebaik-baiknya. Tujuan utamanya bukan hadiah tapi sehat dan gembira,” terang Wali Kota Rukmini. Mereka yang lolos menjadi juara adalah Bagian Umum Setda Kota Probolinggo, Badan Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal dan Kecamatan Mayangan. (famydecta/humas)

Friday, 26 May 2017

KPU Resmikan Rumah Pintar Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menggelar Fasilitasi Pendidikan Pemilih dan Peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Prabu Linggih”, Rabu (24/5).  di Kantor KPU setempat. 

Peresmian RPP dihadiri Wali Kota Rukmini, Divisi Sosialisasi Sumber Daya Manusia dan Permas Provinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro,  perwakilan FKPD,  Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Komisioner KPU Kota Probolinggo dan Ketua KPU Kabupaten Probolinggo.

Ahmad Hudri, Ketua KPU Kota Probolinggo mengatakan Peresmian RPP merupakan sarana untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya serta pelayanan informasi tentang kepemiluan, baik pemilukada, pemilu legislatif, maupun pemilu presiden. “Peresmian ini diharapkan menjadi salah satu wadah untuk mengenalkan kegiatan kepemiluan kepada masyarakat,” harapnya.

Wali Kota Rukmini mengatakan KPU dapat bersinergi dengan dinas terkait agar rumah pintar pemilu ini dapat dikunjungi warga. Dapat bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan catatan Sipil untuk data penduduk pemilih di Kota Probolinggo.  “Tahun 2018 akan ada pemilu serentak yang insyaallah Kota Probolinggo juga ikut dalam pemilu tahun depan,” lanjutnya.

“Mudah – mudahan dengan adanya rumah pintar ini juga dapat memberikan pendidikan bagi masyarakat, dan pelaksanaan pilkada serentak nanti saya harap aman, lancar, kondusif ,” sambungnya.

Divisi Sosialisasi Sumber Daya Manusia dan Permas Provinsi Jawa Timur Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan, dengan adanya program ini masyarakat dapat menjadikan KPU sebagai sumber informasi dan sumber ilmu tentang dokumentasi dan kepemiluan. Berbagai informasi baik yang bersifat visualisasi, desaign grafis, maupun dokumen tercetak berupa leaflet, brosur dan buku – buku dapat dengan mudah ditemukan dalam RPP ini. 

Lebih lanjut Gogot menjelaskan tujuan RPP ini untuk peningkatan kesukarelawanan warga untuk ikut pemilu, meningkatkan literasi pemilu agar warga bisa memilih secara rasional dan logis, serta meningkatkan partisipasi masyarakat untuk lebih proaktif.

“Dengan adanya rumah pintar pemilu ini, diharapkan masyarakat Kota Probolinggo menjadi pintar serta ada perubahan kognitif menjadi lebih baik, dan selamat atas peresmian RPP di Kota Probolinggo,” tutupnya. (umimifta/humas)

Wednesday, 24 May 2017

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan

Berbagai upaya digalakkan Dinas Perikanan Kota Probolinggo demi memasyarakatkan konsumsi makan ikan. Jumat (26/5), digeber Serangkaian Kegiatan Aksi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Semarak Gemar Ikan) di kompleks Stadion Bayuangga. 

Rangkaian kegiatan waktu itu kampanye makan ikan yang diikuti 100 orang, lomba cipta menu olahan ikan dengan 16 peserta, pelatihan diversifikasi (otak-otak bandeng dan abon lele) diikuti 60 orang istri nelayan dan gelar produk olahan ikan sebanyak 40 stand. 

Ketua Panitia Semarak Gemar Ikan, Fitriawati mengatakan, acara ini digelar untuk mengenalkan pentingnya makan ikan bagi masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makan ikan. “Meningkatkan peran serta ekonomi masyarakat untuk berperan aktif dan gerakan memasyarakatkan ikan. Serta meningkatkan keterampilan SDM pengolah dan pemasaran agar berkreasi dan mampu berdaya saing menuju masyarakat sejahtera,” jelasnya. 

Pada kesempatan itu, juga dilakukan launching empat outlet pusat olahan hasil perikanan Mas Cik Mesra (Masyarakat Cinta Ikan Menuju Sejahtera). Wali Kota Probolinggo Rukmini menuturkan, memasyarakatkan konsumsi ikan perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan stakeholder. 

“Mengingat saat ini konsumsiikan baru 32 persen per tahun per kapita, sedangkan rata-rata nasional 37 persen. Mari bersama-sama memasyarakatkan makan ikan, Kota Probolinggo ini potensi hasil ikan karena dekat kawasan laut,” ujar Rukmini yang sangat mengapresiasi kegiatan ini. Usai acara ceremonial, Wali Kota Rukmini meninjau stand UKM, lokasi pelatihan dan lomba cipta menu. (famydecta/humas)

Friday, 26 May 2017

SERAP ASPIRASI ANAK DALAM PEMBANGUNAN

IMG 20170201 WA0021

 

Ratusan pelajar Kota Probolinggo ikuti Sarasehan Anak Merencanakan Pembangunan di Puri Manggala Bhakti, Senin (30/1) lalu.Sarasehan itu digelar agar anak-anak mendapat kesempatan yang sama dalam perencanaan pembangunan di berbagai sektor di wilayah kota yang dikenal dengan ikon seribu tamannya itu.

Perencanaan pembangunan partisipatif merupakan pola pendekatan perencanaan masyarakat, baik sebagai obyek maupun subyek pembangunan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Tak terkecuali anak-anak. “Sehingga hasil pembangunan yang dihasilkan bakal sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan,” Ujar Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo, Hery Astuti pada Suara Kota.

Menurutnya, saat ini proses perencanaan pembangunan di daerah didominasi oleh orang dewasa dalam menyalurkan aspirasinya dan menentukan kebutuhan aspirasinya dalam segala bidang.

“Selama ini kan hak-hak anak untuk mendapatkan ruang yang luas untuk anak beraktifitas, memiliki lingkungan yang bersih dan dapat berjalan-jalan dengan aman di sekitar lingkungan mereka, terkesan diabaikan. (Pemerintah Kota Probolinggo, red.) sangat menaruh perhatian pada penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman. Salah satunya kami memanfaatkan anak-anak untuk dapat menyampaikan pendapatnya, apa sih dan bagaimana pembangunan seperti apa yang diinginkan,” terangnya.

Sementara itu, maksud dan tujuan diselenggarakannya sarasehan anak adalah memberikan pemahaman kepada anak-anak terkait siklus perencanaan pembangunan sekaligus memberi kesempatan kepada mereka agar dapat menyalurkan aspirasinya terhadap berbagai permasalahan yang ada di Kota Probolinggo dan bagaimana solusi pemecahannya.

Walikota Probolinggo Hj. Rukmini, yang membuka langsung sarasehan pagi itu, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemkot merasa perlu mendengarkan aspirasi anak-anak dalam pembangunan. Karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.

Dimana, lanjut Walikota Rukmini, dengan dilibatkannya anak-anak, mereka bisa menyampaikan suaranya, aspirasi nya, apa yang menjadi keinginannya sejak dini. Apalagi, lanjutnya, anak-anak merupakan sarana pembangunan.

“Saya doakan kalian menjadi anak yang selamat, yang bener. Bisa melanjutkan kami-kami ini menjadi penerus kami yang bisa dibanggakan,” harap Rukmini.

Hj. Rukmini mengatakan, kebijakan tentang anak diwilayahnya telah dirumuskan Perwali No. 36 Tahun 2013 tentang Kebijakan Kota Layak Anak. “Sejalan dengan hal itu, pelibatan anak-anak dalam proses pembangunan, agenda RAD-KLA (Rencana Aksi Daerah Kota Layak Anak, red.) bisa dilaksanakan semua instansi. Semoga secara berkelanjutan, kota kita tercinta sebagai kota layak anak benar-benar terwujud,” harapnya.

Pelibatan anak dalam perencanaan pembangunan itu, dihadiri pula Sekretaris Daerah Johny Hariyanto, para asisten, para kepala satker, Dewan Perwakilan Anak dan Forum Anak Kota Probolinggo.

Walikota Rukmini juga sempat menyentil tentang keberadaan Taman Maramis yang realitanya di lapangan melenceng dari apa yang diharapkan. Taman tersebut kerap disalahgunakan oleh warga untuk berbuat mesum. “Miris lihatnya. Laki-laki dan perempuan berdua-duaan, malah gak cuma remaja, yang sudah berumurpun ngisin-isin’i. Kalo nemuin yang seperti itu, jangan segan-segan untuk diawasi bahkan dilaporkan ya,” pesannya. (nea)

Tuesday, 31 January 2017

DKP AJAK BERSIHKAN PANTAI PESISIR PILANG

2016 12 Bersih pantai

DKP gelar apel, sebelum bersih-bersih pantai   

Friday, 09 December 2016

DISPENDUK CAPIL SERAHKAN KIA

2016 11 KIA

Wali Kota Rukmini secara simbolis menyerahkan KIA 

Probolinggo- Dinas kependudukan dan pencatatan sipil segera menerbitkan KIA (kartu identitas anak). Secara simbolis,  Wali Kota Probolinggo Rukmini menyerahkan kartu tersebut kepada anak yang sudah memiliki akte kelahiran. Acara itu dikemas dengan sosialisasi peraturan perundang-undangan kependudukan dan pencatatan sipil, tentang penerapan  KIA bagi masyarakat. Lokasinya di Puri Manggala Bhakti, Jum’at (25/11/2016).

Friday, 25 November 2016

DINKES LAKUKAN TES URINE BAGI PEJABAT

2016 11 Tes Urine

Salah satu pejabat menerima peralatan tes urine dari tim medis

Probolinggo- Dinas Kesehatan (Dinkes) lakukan tes urine bagi para pejabat eselon 2 dan eselon 3 secara mendadak di luar ruang Sabha Bina Praja (25/11/2016). Kegiatan itu untuk memastikan jika mereka terbebas dari narkoba dan sejenisnya. Pasalnya, cukup banyak kejadian yang terekspose di media para pejabat yang terlibat kasus pemakai barang haram tersebut.

Friday, 25 November 2016

Cucuran air mata veteran di Taman Makam Pahlawan

20161110 063126Suasana pagi usai Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan tahun 2016 di Taman Makam Pahlawan, Kota Probolinggo, berubah menjadi haru. Disaat air mata para veteran mulai bercucuran tak mampu dibendung karena terngiang masa masa perjuangannya. Salah satunya, Soewarji (69), veteran yang pernah bertugas di Irian barat dan daerah perbatasan Tim-Tim.

Kepada Suara Kota , Soewarji menuturkan kisah hidupnya saat menjadi seorang prajurit yang di tugasi sejak tahun 1966 untuk menjaga NKRI. Pada masa perjuangan itu ia mengungkapkan betapa beratnya tugas yang diemban. Untuk itu, ia berharap para generasi muda khususnya pelajar, agar senantiasa meneruskan perjuangan para Pahlawan dengan belajar dengan sungguh-sungguh.

“Saya, ingin generasi muda rajin belajar, sekolah yang baik”, pesan pria bertubuh tegap ini. Meski sudah berusia senja, semangat juang Soewarji seolah tak pernah padam. Ia sangat bersemangat untuk aktif dalam kegiatan bersama di bawah naungan Legiun Veteran Republik Indonesia.

akan tetapi lagi - lagi air mata Soewarji kembali menetes. Ia bercerita bahwa pada tahun ini, Ia mengaku mengalami kesulitan untuk membiayai operasional kegiatan bersama rekan sejawatnya. “Sebelumnya ada bantuan berupa Sembako, Baju seragam, serta dana hibah dari Pemkot”, ucapnya.

Menghadapi kondisi yang demikian, Soewarji bersama pengurus yang lain menggalang dana dari para donator yang selama ini telah banyak memeberikan sumbangsihnya. “ Pak Damdim, Pak Kapolresta, beberapa pejabat Pemkot, alhamdulillah masih peduli kepada kami”, ungkapnya saat diwawancarai seusai upacara (oke)

Thursday, 10 November 2016
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  Next 
  •  End 
Page 1 of 7

probolinggokota.go.id Menuju Probolinggo Kota Jasa Berwawasan Lingkungan Yang Maju, Sejahtera dan Berkeadilan

Twitter Kota Probolinggo

Dapatkan beragam info terbaru mengenai kondisi Kota Probolinggo terkini di https://t.co/0V3T6IOG0G
Presiden Umunkan Pembatalan 3.143 Perda Bermasalah - Berita - Kementerian Dalam Negeri - Republik Indonesia https://t.co/rFA3YE1wxa
Selamat di Akut Twitter Resmi Pemerintah Kota @pemkotprobku

Cuaca Kota Probolinggo

Mostly cloudy

30°C

Probolinggo

Mostly cloudy
Humidity: 54%
Wind: ENE at 11.27 km/h
Sunday
Scattered thunderstorms
25°C / 28°C
Monday
Scattered thunderstorms
25°C / 29°C
Tuesday
Scattered thunderstorms
25°C / 29°C
Wednesday
Scattered showers
25°C / 29°C

Hubungi Kami

 Pemerintah Kota Probolinggo
T: 0335 - 421228
F: 0335 - 421228

For using special positions

Special positions are: sticky_left, sticky_right, notice, tool_bottom. You can use them for any module type. For using this, please go to Module Manager and config your module to your desired position.

You can disable by:

  • Go to Administrator » Template Manager » Your_Template » Tab: Advanced » Use special positions » select: No for all special positions
  • Go to Administrator » Module magager » Your_Module (by postion: sticky_left/ stickey_right/ notice/tool_bottom) » Status: Unpublish for that module

For customize module in special position

The solution is using Module Class Suffix. You can customize button, module content follow Module Class Suffix

E.g. Module Class Suffix: bg-white @bullhorn then:
- Class of buttom is 'ico-bullhorn'. If without @... the default is 'icon-pushpin'
- Class of module is 'bg-white'

Template Settings

Color

For each color, the params below will give default values
Blue Brown Green Pink Violet
Layout Style
Select menu